AYUNI, RESTI (2025) ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI METACOGNITIVE AWARENESS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (238kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (419kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (356kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (423kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (247kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (290kB)
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (358kB)
8. BAB 1.pdf
Download (455kB)
9. BAB 2.pdf
Download (520kB)
10. BAB 3.pdf
Download (608kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (253kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (222kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (138kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan abstraksi matematis peserta didik ditinjau dari metacognitive awareness. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan subjek dilakukan secara purposive, yaitu dengan memilih 3 subjek dari kelas X 5 SMAN 8 Tasikmalaya yang mewakili kategori metacognitive awareness rendah, sedang dan tinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan soal tes pada materi SPLDV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek S-30 dengan kategori metacognitive awareness rendah dalam menyelesaikan soal kemampuan abstraksi matematis mampu mentransformasi masalah ke dalam bentuk simbol serta mampu membuat persamaan yang setara. lemahnya metacognitive awareness S-30 pada aspek pengetahuan prosedural, kondisional, dan regulasi kognisi, termasuk kurangnya strategi sistematis, pemantauan, serta evaluasi menyebabkan S-30 tidak mampu menghubungkan antara konsep, menggeneralisasi, dan menyusun persamaan berdasarkan situasi yang diberikan. Subjek S-31 dengan kategori metacognitive awareness sedang mampu mentransformasi masalah di soal dalam bentuk simbol serta membuat persamaan yang sesuai. S-31 menguasai metacognitive awareness pada aspek pengetahuan deklaratif dan prosedural sehingga S-31 dapat menghubungkan antar konsep dengan tepat dan membuat persamaan sesuai situasi yang diberikan. Namun S 31 masih kurang dalam aspek pengetahuan kondisional dan regulasi kognisi sehingga S-31 tidak mampu menggeneralisasi. Sementara itu, subjek S-3 dengan kategori metacognitive awareness tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan abstraksi matematis. S-3 mampu mengelola informasi dengan baik, memilih strategi yang tepat, serta evaluasi langkah penyelesaian yang menunjukkan S-3 menguasai aspek – aspek metacognitive awareness sehingga S-3 mampu menyelesaikan soal secara rinci dan sistematis serta menghasilkan jawaban akhir yang tepat.
Kata kunci: Kemampuan Abstraksi Matematis, Metacognitive awareness, Metacognitive awareness Inventory
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:05 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 02:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3314 |
