PURWANTI, DEWI (2024) PENGARUH SARANA PRASARANA TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Peserta Didik Kelas X, XI dan XII SMA Nangtang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (250kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (634kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (556kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (321kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (439kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (325kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (334kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (596kB)
9. BAB I.pdf
Download (499kB)
10. BAB II.pdf
Download (673kB)
11. BAB III.pdf
Download (1MB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (977kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (350kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (376kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (257kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
sarana prasarana sekolah terhadap kejenuhan belajar serta implikasinya pada hasil
belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi. Dalam penelitian ini menggunakan
metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, melalui desain
eksplanatori. Populasi dalam penelitian berjumlah 91 orang peserta didik, dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa
terdapat pengaruh signifikan sarana prasarana terhadap kejenuhan belajar peserta
didik kelas X, XI dan XII SMA Nangtang Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran
2023/2024, terdapat pengaruh signifikan sarana prasarana terhadap hasil belajar
peserta didik kelas X, XI dan XII SMA Nangtang Kabupaten Tasikmalaya Tahun
Ajaran 2023/2024, terdapat pengaruh signifikan kejenuhan belajar terhadap hasil
belajar peserta didik kelas X, XI dan XII SMA Nangtang Kabupaten Tasikmalaya
Tahun Ajaran 2023/2024 dan terdapat pengaruh signifikan sarana prasarana
terhadap hasil belajar peserta didik kelas X, XI dan XII SMA Nangtang Kabupaten
Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 melalui kejenuhan belajar. Kontribusi
pengaruh langsung variabel sarana prasarana (X) terhadap hasil belajar (Y) sebesar
22% sedangkan kontribusi pengaruh tidak langsung variabel sarana prasarana (X)
terhadap hasil belajar (Y) melalui kejenuhan belajar (Z) sebesar 64,3%. Sehingga
besaran pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan pengaruh langsung.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kejenuhan Belajar, Sarana Prasarana
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:30 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 01:30 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/330 |
