AFRIYANTI, YUNITA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover Yunita.pdf
Download (84kB)
02 Lembar Pengesahan Yunita.pdf
Download (133kB)
03 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf
Download (203kB)
04 Lembar Pernyataan.pdf
Download (217kB)
05 Abstrak.pdf
Download (207kB)
06 Kata Pengantar.pdf
Download (256kB)
07 Daftar Isi.pdf
Download (384kB)
08 Daftar Tabel.pdf
Download (210kB)
09 Daftar Gambar.pdf
Download (208kB)
10 Daftar Lampiran.pdf
Download (211kB)
11 BAB 1.pdf
Download (268kB)
12 BAB 2.pdf
Download (397kB)
13 BAB 3.pdf
Download (396kB)
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (531kB)
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
16 Daftar Pustaka.pdf
Download (182kB)
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik ditinjau dari Intelligence Quotient (IQ). Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengumpulan data berupa soal tes Intelligence Quotinet (IQ), tes matematika dan wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian dipilih dari kelas VIII E SMPN 1 Pamarican yang berjumlah 19 orang. Selanjutnya dari 19 orang subjek penelitian diambil masing masing 1 subjek tiap klasifikasi IQ normal tinggi,normal sedang, dan normal rendah, dan yang paling banyak menjawab indikator kemampuan berpikir reflektif matematis dan dapat menjelaskan hasil jawaban mengenai soal tes matematika. Hasil dari penelitian ini yaitu subjek S13 yang memiliki IQ normal tinggi dapat menjawab indikator kemampuan berpikir reflektif matematis yaitu reacting,elaborating dan contemplating dengan tepat. Subjek S19S dengan IQ normal sedang dapat menjawab indikator kemampuan berpikir reflektif matematis yaitu reacting dan elaborating, dalam indikator reacting subjek mampu menuliskan informasi yang diketahui tetapi hanya mampu menuliskan satu yang ditanyakan, sedangkan dalam indikator elaborating peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan tetapi hanya satu soal yang bisa dijawab. Subjek S17R IQ normal rendah belum mampu menjawab indikator elaborating tetapi masih terdapat kekeliruan dalam menjawab soal.
Kata Kunci: Analisis kemampuan, berpikir reflektif Matematis, Intelligence Quotient.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:30 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:30 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3247 |
