BUKIT, EIBEN HEIZER BOYISHAK (2025) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN TEORI WATSON. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (82kB)
02 Lembar Pengesahan.pdf
Download (274kB)
03 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf
Download (129kB)
04 Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf
Download (231kB)
05 Abstrak.pdf
Download (6kB)
06 Kata Pengantar.pdf
Download (106kB)
07 Daftar Isi.pdf
Download (194kB)
08 Daftar Tabel.pdf
Download (184kB)
09 Daftar Tabel.pdf
Download (184kB)
10 Daftar Lampiran.pdf
Download (188kB)
11 BAB 1.pdf
Download (449kB)
12 BAB 2.pdf
Download (1MB)
13 BAB 3.pdf
Download (352kB)
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
16 Daftar Pustaka.pdf
Download (240kB)
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi trigonometri berdasarkan klasifikasi kesalahan menurut teori Watson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian berupa satu soal uraian trigonometri yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Sumber data penelitian adalah empat orang peserta didik kelas XI MA Alkhoeriyah Hujungtiwu Panjalu Ciamis yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek S1 dan S9 melakukan enam jenis kesalahan, yaitu inappropriate data (id), inappropriate procedure (ip), omitted data (od), response level conflict (rlc), undirected manipulation (um), dan skills hierarchy problem (shp). Subjek S7 melakukan lima kesalahan yaitu id, ip, od, rlc, dan um. Sedangkan Subjek S4 melakukan empat kesalahan, yaitu od, oc, rlc, dan shp. Kesalahan yang paling dominan ditemukan adalah kesalahan prosedur tidak tepat (ip) dan kesalahan data tidak tepat (id), yang menunjukkan bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami prosedur dan memilih data yang sesuai dalam penyelesaian soal trigonometri.
Kata kunci: analisis kesalahan, trigonometri, teori Watson, peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 02:07 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 02:07 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3232 |
