ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN TEORI WATSON

BUKIT, EIBEN HEIZER BOYISHAK (2025) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN TEORI WATSON. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 03 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf] Text
03 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 04 Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf] Text
04 Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 06 Kata Pengantar.pdf] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 07 Daftar Isi.pdf] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 08 Daftar Tabel.pdf] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 09 Daftar Tabel.pdf] Text
09 Daftar Tabel.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 10 Daftar Lampiran.pdf] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 11 BAB 1.pdf] Text
11 BAB 1.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 12 BAB 2.pdf] Text
12 BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13 BAB 3.pdf] Text
13 BAB 3.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 14 BAB 4.pdf] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 15 BAB 5.pdf] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of 16 Daftar Pustaka.pdf] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 17 Lampiran.pdf] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi trigonometri berdasarkan klasifikasi kesalahan menurut teori Watson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian berupa satu soal uraian trigonometri yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Sumber data penelitian adalah empat orang peserta didik kelas XI MA Alkhoeriyah Hujungtiwu Panjalu Ciamis yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek S1 dan S9 melakukan enam jenis kesalahan, yaitu inappropriate data (id), inappropriate procedure (ip), omitted data (od), response level conflict (rlc), undirected manipulation (um), dan skills hierarchy problem (shp). Subjek S7 melakukan lima kesalahan yaitu id, ip, od, rlc, dan um. Sedangkan Subjek S4 melakukan empat kesalahan, yaitu od, oc, rlc, dan shp. Kesalahan yang paling dominan ditemukan adalah kesalahan prosedur tidak tepat (ip) dan kesalahan data tidak tepat (id), yang menunjukkan bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami prosedur dan memilih data yang sesuai dalam penyelesaian soal trigonometri.

Kata kunci: analisis kesalahan, trigonometri, teori Watson, peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 23 Dec 2025 02:07
Last Modified: 23 Dec 2025 02:07
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item
View Item