MAULIDA, SANIA NUR (2024) PENANAMAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK MELALUI PROGRAM ECOBRICK (Studi Kasus pada PAUD KB Al-Hasanah di Desa Cisitu Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1.SANIA NM-182103101- COVER.pdf
Download (230kB)
2.SANIA NM-182103101- PENGESAHAN.pdf
Download (118kB)
3.SANIA NM-182103101- PENGUJI.pdf
Download (80kB)
4.SANIA NM-182103101- PERNYATAAN.pdf
Download (109kB)
5.SANIA NM-182103101- MOTTO.pdf
Download (60kB)
6.SANIA NM-182103101- ABSTRAK.pdf
Download (200kB)
7.SANIA NM-182103101-KATA PENGANTAR.pdf
Download (116kB)
8.SANIA NM-182103101-UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (34kB)
9.SANIA NM-182103101-DAFTAR ISI.pdf
Download (73kB)
10.SANIA NM-182103101-BAB I.pdf
Download (321kB)
11.SANIA NM-182103101- BAB II.pdf
Download (663kB)
12.SANIA NM-182103101- BAB III.pdf
Download (491kB)
13.SANIA NM-182103101- BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (478kB)
14.SANIA NM-182103101-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (291kB)
15.SANIA NM-182103101- DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (203kB)
16.SANIA NM-182103101 - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penanaman nilai karakter peduli lingkungan efektif jika distimulasi sejak dini, hal tersebut mampu mengembangkan potensi dan kepribadian pada anak. Karakter peduli lingkungan merupakan upaya atau tindakan untuk merawat alam dan mencegah kerusakan lingkungan, sehingga lingkungan tetap terjaga kelestariannya. Namun, hal tersebut belum dapat dijalankan secara maksimal, padahal itu memiliki pengaruh yang baik kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada anak melalui program ecobrick. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Temuan
penelitian ini menunjukkan bagaimana program ecobrick dapat digunakan untuk mengajarkan nilai karakter peduli lingkungan kepada anak-anak melalui pemeliharaan ruang kelas dan sekolah, pemeliharaan tanaman, penyediaan tempat
sampah organik dan anorganik, kebersihan toilet, dan tersedianya tempat cuci tangan. Simpulan penelitian ini yakni penanaman nilai karakter peduli lingkungan
pada anak melalui program ecobrick meliputi pemeliharaan ruang kelas dan sekolah dengan menanamkan rasa tanggung jawab dan peduli pada lingkungan, membiasakan menjaga kebersihan dan lingkungan sekolah. Merawat tumbuhan,
mengenalkan berbagai tanaman pada anak. Tersedianya tempat sampah organik dan anorganik, pemberian pemahaman sampah kering dan basah, pembiasaan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan sampah. Menyediakan kamar mandi bersih, tempat mencuci tangan, pembiasaan anak-anak
untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan.
Kata kunci: Karakter, Peduli Lingkungan, Ecobrick
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:54 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:54 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/321 |
