SUSANA, SINTA (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (197kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (677kB)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (395kB)
04 HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (139kB)
05 ABSTRAK.pdf
Download (262kB)
06 KATA PENGANTAR.pdf
Download (540kB)
07 UCAPAN TERIMAKASI.pdf
Download (145kB)
08 DAFTAR ISI.pdf
Download (216kB)
09 DAFTAR TABEL.pdf
Download (212kB)
10 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (209kB)
11 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (211kB)
12 BAB 1.pdf
Download (306kB)
13 BAB 2.pdf
Download (672kB)
14 BAB 3.pdf
Download (517kB)
15 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
16 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (211kB)
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (235kB)
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
19 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (158kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan pada pembelajaran yaitu penggunaan LKPD belum optimal. Upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis model project-based learning berbantuan wizer.me. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis model project-based learning berbantuan wizer.me pada materi fluida dinamis; (2) 
mendeskripsikan tingkat validitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (ELKPD) berbasis model project-based learning berbantuan wizer.me pada materi fluida dinamis; (3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan Lembar Kerja Peserta 
Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis model project-based learning berbantuan wizer.me pada materi fluida dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, 
design, develop, and disseminate). Subjek penelitian ini adalah XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Kelayakan E-LKPD diukur dengan melakukan validasi meliputi ahli materi, ahli model pembelajaran, dan ahli media. Teknik analisis data 
yang digunakan dalam mengolah hasil validasi adalah indeks Aiken’s V. Kepraktisan E-LKPD diukur dengan melakukan penyebaran angket kepraktisan kepada peserta didik dan pendidik. Teknik analisis data yang digunakan dalam 
mengolah hasil uji  praktikalitas dengan menghitung nilai rata-rata praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks aiken’s V ahli materi, ahli model pembelajaran, dan ahli media berturut-turut sebesar 0,93, 0,97, dan 0,87 dengan kategori sangat valid serta rata-rata persentase kepraktisan sebesar 93% dengan kriteria sangat praktis. E-LKPD berbasis model project-based learning berbantuan 
wizer.me pada materi fluida dinamis yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
  
Kata kunci: E-LKPD, Fluida Dinamis, Project-Based Learning, Wizer.Me
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:38 | 
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:38 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/318 | 
