FAYZA, SALSA NUR (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRELLO TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (147kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (419kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (351kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (254kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (196kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (201kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (219kB)
8. BAB 1.pdf
Download (232kB)
9. BAB 2.pdf
Download (782kB)
10. BAB 3.pdf
Download (863kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (477kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (163kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (210kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pembelajaran di era digital menuntut adanya inovasi dalam penggunaan media dan teknologi agar proses belajar mengajar dapat berlangsung lebih efektif dan interaktif. Salah satu, media pembelajaran yang saat ini mulai dikenal dan
digunakan adalah trello, sebuah aplikasi yang dapat mendukung kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Trello terhadap pengetahuan metakognitif dan hasil belajar peserta didik pada materi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli sampai Agustus 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 5 Tasikmalaya sebanyak 12 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 449 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas XI-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket
pengetahuan metakognitif sebanyak 25 soal. Adapun instrumen hasil belajar adalah tes berupa pilihan majemuk sebanyak 25 soal yang berhubungan dengan materi struktur dan jaringan tumbuhan. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis
menggunakan ANOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05, menunjukkan bahwa pengetahuan metakognitif memiliki nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,004. Selain itu, hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran trello seperti fitur card, fitur list, dan fitur lainnya berperan dalam melatih pengetahuan metakognitif dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Media pembelajaran trello, Pengetahuan metakognitif, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:33 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:33 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/304 |
