PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRELLO TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

FAYZA, SALSA NUR (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRELLO TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran di era digital menuntut adanya inovasi dalam penggunaan media dan teknologi agar proses belajar mengajar dapat berlangsung lebih efektif dan interaktif. Salah satu, media pembelajaran yang saat ini mulai dikenal dan
digunakan adalah trello, sebuah aplikasi yang dapat mendukung kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Trello terhadap pengetahuan metakognitif dan hasil belajar peserta didik pada materi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli sampai Agustus 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 5 Tasikmalaya sebanyak 12 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 449 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas XI-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket
pengetahuan metakognitif sebanyak 25 soal. Adapun instrumen hasil belajar adalah tes berupa pilihan majemuk sebanyak 25 soal yang berhubungan dengan materi struktur dan jaringan tumbuhan. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis
menggunakan ANOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05, menunjukkan bahwa pengetahuan metakognitif memiliki nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,004. Selain itu, hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran trello seperti fitur card, fitur list, dan fitur lainnya berperan dalam melatih pengetahuan metakognitif dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: Media pembelajaran trello, Pengetahuan metakognitif, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:33
Last Modified: 28 Oct 2025 06:33
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item
View Item