DIANA, RESA (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cisayong Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (179kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (450kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (455kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (275kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (268kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (152kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (361kB)
8. BAB 1.pdf
Download (302kB)
9. BAB 2.pdf
Download (682kB)
10. BAB 3.pdf
Download (1MB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (151kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (401kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (160kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir analitis dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMA
Negeri 1 Cisayong tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada November 2023 sampai Agustus 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI
MIPA SMA Negeri 1 Cisayong sebanyak 118 peserta didik. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu soal uraian tes keterampilan berpikir analitis sebanyak 9 soal dan soal uraian tes keterampilan berpikir kritis sebanyak 12 soal.
Teknik analisis data yang digunakan adalah ANCOVA dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi keterampilan berpikir analitis dan keterampilan berpikir kritis kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dengan menerapkan model pembelajaran problem based
learning terhadap keterampilan berpikir analitis dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1
Cisayong tahun ajaran 2023/2024 sehingga dapat dipertahankan dan dikembangkan lagi.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Analitis, Keterampilan Berpikir Kritis.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:27 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:27 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/301 |
