Sakina, Hilmi (2024) MENGUKUR TINGKAT USABILITY APLIKASI E-LEARNING MTSN 2 KOTA TASIKMALAYA MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (105kB)
02 PENGESAHAN.pdf
Download (490kB)
03 KATA PENGANTAR - DAFTAR ISI - DAFTAR TABEL - LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (551kB)
04 BAB I.pdf
Download (87kB)
04 BAB II.pdf
Download (3MB)
05 BAB III.pdf
Download (275kB)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (396kB)
07 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (130kB)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (202kB)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Aplikasi e-learning MTsN 2 Kota Tasikmalaya memfasilitasi proses pendidikan di
dalam dan luar kelas. Fungsinya adalah mempermudah siswa dan guru dalam
mengakses serta menyampaikan materi pelajaran, kuis, pengumuman, dan berbagai
informasi lainnya. Karena aplikasi ini belum pernah dilakukan pengujian usability
dari sudut pandang pengguna, peneliti akan mengevaluasi tingkat kegunaannya
menggunakan metode USE Questionnaire, yang mengukur sistem dari perspektif
pengguna. Fokus penelitian ini adalah pada guru, berdasarkan hasil observasi yang
menunjukkan bahwa beberapa guru mengalami kesulitan dalam menggunakan
aplikasi ini. Temuan dari studi ini mengungkapkan bahwa aplikasi e-learning di
MTsN 2 Kota Tasikmalaya memperoleh penilaian "layak," baik dari segi rata-rata
skor maupun persentase. Namun, terdapat beberapa rekomendasi perbaikan, seperti
penambahan petunjuk di halaman fitur yang belum tersedia dan pembuatan video
petunjuk tiap fungsi e-leatning yang terpisah-pisah.
Kata kunci: E-learning, Guru, Questionnaire, Usability, USE
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:11 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:11 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/296 |
