EXPLORING STUDENTS’ PERCEPTIONS OF THE INTRINSIC MOTIVATIONAL BENEFITS OF DIGITAL STORYTELLING PROJECTS IN ENGLISH LEARNING

FITRI, SITI AMELIA (2025) EXPLORING STUDENTS’ PERCEPTIONS OF THE INTRINSIC MOTIVATIONAL BENEFITS OF DIGITAL STORYTELLING PROJECTS IN ENGLISH LEARNING. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 2. APROVAL SHEET.pdf] Text
2. APROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4. PERSONAL MOTTO.pdf] Text
4. PERSONAL MOTTO.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 6. PREFACE.pdf] Text
6. PREFACE.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 8. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 9. CHAPTER 1.pdf] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER 2.pdf] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 3.pdf] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 4.pdf] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 5.pdf] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[thumbnail of 14. REFERENCES.pdf] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 15. ENCLOSURES.pdf] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[thumbnail of 16. CURRICULUM VITAE.pdf] Text
16. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap manfaat motivasi intrinsik dari proyek mendongeng digital dalam pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, tiga kebutuhan psikologis menurut self-determination theory dan empat dasar kategori oleh model ARCS dari motivasi digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan dua partisipan dari sebuah universitas di Tasikmalaya, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif. Data dianalisis dengan analisis tematik Braun dan Clarke (2006). Hasil temuan menunjukkan dua tema: (1) Keterlibatan dan perkembangan kognitif memicu motivasi intrinsik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Siswa mempersepsikan pergeseran emosi mempertahankan motivasi intrinsik mereka dalam proyek mendongeng digital; kebebasan kreatif merangsang ekspresi dan imajinasi dalam pembelajaran bahasa Inggris; meningkatkan keterampilan bahasa Inggris melalui menulis, berbicara, mendengarkan, dan membaca dalam proyek mendongeng digital; dan merangsang pemikiran kritis melalui konstruksi naratif dan pengambilan keputusan kolaboratif. (2) Pertumbuhan pribadi dan interpersonal melalui proyek bercerita digital sebagai ruang untuk motivasi intrinsik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Siswa mempersepsikan manfaat motivasi intrinsik dari proyek mendongeng digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris seperti mengembangkan kompetensi digital melalui produksi media kreatif; membangun ikatan sosial dan keterampilan kolaboratif melalui proyek mendongeng digital; menumbuhkan kepercayaan diri dan pertumbuhan pribadi melalui berbicara di depan umum dan kinerja linguistik; dan mendongeng digital membuat pembelajaran bahasa lebih bermakna melalui melibatkan minat pribadi dalam pembelajaran bahasa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa proyek mendongeng digital adalah metode pembelajaran bahasa Inggris yang bermanfaat untuk motivasi intrinsik siswa.

Kata kunci: Mendongeng digital, motivasi intrinsik, Pembelajaran Bahasa Inggris, persepsi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:57
Last Modified: 17 Dec 2025 03:57
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item
View Item