FITRI, SITI AMELIA (2025) EXPLORING STUDENTS’ PERCEPTIONS OF THE INTRINSIC MOTIVATIONAL BENEFITS OF DIGITAL STORYTELLING PROJECTS IN ENGLISH LEARNING. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (125kB)
2. APROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (318kB)
4. PERSONAL MOTTO.pdf
Download (60kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (111kB)
6. PREFACE.pdf
Download (105kB)
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (106kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (146kB)
9. CHAPTER 1.pdf
Download (115kB)
10. CHAPTER 2.pdf
Download (193kB)
11. CHAPTER 3.pdf
Download (219kB)
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (108kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (114kB)
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (660kB)
16. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (44kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap manfaat motivasi intrinsik dari proyek mendongeng digital dalam pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, tiga kebutuhan psikologis menurut self-determination theory dan empat dasar kategori oleh model ARCS dari motivasi digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan dua partisipan dari sebuah universitas di Tasikmalaya, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif. Data dianalisis dengan analisis tematik Braun dan Clarke (2006). Hasil temuan menunjukkan dua tema: (1) Keterlibatan dan perkembangan kognitif memicu motivasi intrinsik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Siswa mempersepsikan pergeseran emosi mempertahankan motivasi intrinsik mereka dalam proyek mendongeng digital; kebebasan kreatif merangsang ekspresi dan imajinasi dalam pembelajaran bahasa Inggris; meningkatkan keterampilan bahasa Inggris melalui menulis, berbicara, mendengarkan, dan membaca dalam proyek mendongeng digital; dan merangsang pemikiran kritis melalui konstruksi naratif dan pengambilan keputusan kolaboratif. (2) Pertumbuhan pribadi dan interpersonal melalui proyek bercerita digital sebagai ruang untuk motivasi intrinsik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Siswa mempersepsikan manfaat motivasi intrinsik dari proyek mendongeng digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris seperti mengembangkan kompetensi digital melalui produksi media kreatif; membangun ikatan sosial dan keterampilan kolaboratif melalui proyek mendongeng digital; menumbuhkan kepercayaan diri dan pertumbuhan pribadi melalui berbicara di depan umum dan kinerja linguistik; dan mendongeng digital membuat pembelajaran bahasa lebih bermakna melalui melibatkan minat pribadi dalam pembelajaran bahasa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa proyek mendongeng digital adalah metode pembelajaran bahasa Inggris yang bermanfaat untuk motivasi intrinsik siswa.
Kata kunci: Mendongeng digital, motivasi intrinsik, Pembelajaran Bahasa Inggris, persepsi siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 03:57 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 03:57 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2925 |
