NURHASANAH, QONITA (2025) WRITING SHORT STORY AS A MEANS OF DEVELOPING STUDENTS’ CREATIVITY IN CHILDREN’S LITERATURE COURSE. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (238kB)
02 Approval Sheet.pdf
Download (292kB)
03 The Examiners Page.pdf
Download (163kB)
04 Lembar Pernyataan.pdf
Download (128kB)
05 Personal Page.pdf
Download (120kB)
06 Abstrak.pdf
Download (109kB)
07 Abstract.pdf
Download (223kB)
08 Preface.pdf
Download (121kB)
09 Acknowledgement.pdf
Download (126kB)
10 Table of Contents.pdf
Download (327kB)
11 List of Tables.pdf
Download (102kB)
12 List of Enclosures.pdf
Download (101kB)
13 Chapter 1.pdf
Download (137kB)
14 Chapter 2.pdf
Download (249kB)
15 Chapter 3.pdf
Download (322kB)
16 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
17 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
18 References.pdf
Download (539kB)
19 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (778kB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji pemanfaatan menulis cerita pendek sebagai salah satu strategi pengembangan kreativitas mahasiswa dalam mata kuliah Children Literature. Kreativitas merupakan keterampilan penting dalam studi sastra, terutama dalam mata kuliah yang menekankan pada imajinasi, konstruksi naratif, dan keterlibatan dengan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat menulis cerita pendek bagi mahasiswa dalam meningkatkan kreativitas. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dengan dua peserta yang telah menempuh mata kuliah Sastra Anak, dan data dianalisis dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat jenis kreativitas yang dapat dikembangkan oleh mahasiswa. Pada aspek kelancaran atau kefasihan dalam memunculkan ide dalam waktu yang terbatas, mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan berpikir divergen dengan memunculkan berbagai ide cerita secara cepat. Hal ini tercermin dari keberagaman alur, karakter, dan latar yang dikembangkan dalam waktu yang singkat selama proses penulisan. Terkait fleksibilitas dalam menghasilkan ide yang bervariasi, siswa menunjukkan kemampuan untuk menemukan ide dari berbagai sumber, termasuk mengeksplorasi berbagai genre dan perspektif penceritaan. Kemampuan ini menunjukkan keterbukaan dan kemampuan beradaptasi dalam berpikir kreatif. Sementara itu, orisinalitas ide terlihat pada kemampuan siswa untuk membuat cerita yang unik dan mencerminkan pengalaman pribadi yang orisinal. Terakhir, dalam mengelaborasi atau mengembangkan ide, siswa dapat mengembangkan ide awal menjadi cerita yang lengkap dengan struktur yang jelas dan terperinci. Mereka menunjukkan bagaimana mereka memproses karakter, latar, dan konflik dengan kedalaman yang mendukung integrasi cerita secara keseluruhan. Studi ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan tugas menulis kreatif, seperti menulis cerita pendek, ke dalam mata kuliah sastra dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan kreativitas dan kompetensi sastra siswa.
Kata Kunci: Menulis cerita pendek, kreativitas siswa, sastra anak, kelancaran, orisinalitas, fleksibilitas, elaborasi, viendidikan tinggi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 03:39 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 03:39 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2921 |
