JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' PERCEPTIONS OF THE IMPACT OF VISUAL LITERACY ON THEIR VOCABULARY MASTERY: A SURVEY STUDY

GULTOM, MIRANDA CAREY (2025) JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' PERCEPTIONS OF THE IMPACT OF VISUAL LITERACY ON THEIR VOCABULARY MASTERY: A SURVEY STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet.pdf] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 03 The Examiners page.pdf] Text
03 The Examiners page.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 04 Lembar Pernyataan.pdf] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 05 Personal Page.pdf] Text
05 Personal Page.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 06 Abstrak.pdf] Text
06 Abstrak.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 07 Abstract.pdf] Text
07 Abstract.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 08 Preface.pdf] Text
08 Preface.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 09 Acknowledgement.pdf] Text
09 Acknowledgement.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 10 Table of Contents.pdf] Text
10 Table of Contents.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 11 List of Tables.pdf] Text
11 List of Tables.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 12 List of Enclosures.pdf] Text
12 List of Enclosures.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 13 Chapter 1.pdf] Text
13 Chapter 1.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 14 Chapter 2.pdf] Text
14 Chapter 2.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 15 Chapter 3.pdf] Text
15 Chapter 3.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 16 Chapter 4.pdf] Text
16 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[thumbnail of 17 Chapter 5.pdf] Text
17 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[thumbnail of 18 References.pdf] Text
18 References.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 19 Enlosures.pdf] Text
19 Enlosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di era pembelajaran digital, literasi visual yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menafsirkan makna dari suatu visual, menjadi semakin relevan dalam pembelajaran kosakata dalam kelas Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain survei kuantitatif dengan melibatkan 66 siswa kelas 8 tahun pelajaran 2024/2025 sebagai sampel dari salah satu SMP di kota Tasikmalaya. Penelitian ini dibuat untuk melihat persepsi siswa mengenai dampak visual literasi dalam pembelajaran kosakata mereka. Data dikumpulkan dalam bentuk kuisioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik. Berdasarkan hasil penelitian, para siswa memberikan persepsi positif terhadap dampak visual literasi dalam pembelajaran kosakata mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata rata yang dihasilkan dari kuesioner adalah 4.94 yang dikategorikan sebagai level tinggi persetujuan berdasarkan skala interval. Siswa setuju bahwa pembelajaran kosakata menggunakan literasi visual membantu mereka dalam memahami kosakata, mengingat kosakata, dan memotivasi mereka dalam pembelajaran. Oleh karena itu penggunaan literasi visual seperti gambar, video, infografis, dan visual lainnya sangat disarankan digunakan dalam proses pembelajaran kosakata di kelas bahasa inggris, Karena penggunaan literasi visual terbukti dapat membantu siswa memahami dan mengingat kosakata dengan lebih efektif.

Kata kunci: kosakata, literasi visual, siswa EFL.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:31
Last Modified: 17 Dec 2025 03:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item
View Item