GULTOM, MIRANDA CAREY (2025) JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' PERCEPTIONS OF THE IMPACT OF VISUAL LITERACY ON THEIR VOCABULARY MASTERY: A SURVEY STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (267kB)
02 Approval Sheet.pdf
Download (91kB)
03 The Examiners page.pdf
Download (91kB)
04 Lembar Pernyataan.pdf
Download (69kB)
05 Personal Page.pdf
Download (5kB)
06 Abstrak.pdf
Download (125kB)
07 Abstract.pdf
Download (124kB)
08 Preface.pdf
Download (124kB)
09 Acknowledgement.pdf
Download (250kB)
10 Table of Contents.pdf
Download (282kB)
11 List of Tables.pdf
Download (150kB)
12 List of Enclosures.pdf
Download (149kB)
13 Chapter 1.pdf
Download (143kB)
14 Chapter 2.pdf
Download (396kB)
15 Chapter 3.pdf
Download (528kB)
16 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (580kB)
17 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
18 References.pdf
Download (480kB)
19 Enlosures.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Di era pembelajaran digital, literasi visual yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menafsirkan makna dari suatu visual, menjadi semakin relevan dalam pembelajaran kosakata dalam kelas Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain survei kuantitatif dengan melibatkan 66 siswa kelas 8 tahun pelajaran 2024/2025 sebagai sampel dari salah satu SMP di kota Tasikmalaya. Penelitian ini dibuat untuk melihat persepsi siswa mengenai dampak visual literasi dalam pembelajaran kosakata mereka. Data dikumpulkan dalam bentuk kuisioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik. Berdasarkan hasil penelitian, para siswa memberikan persepsi positif terhadap dampak visual literasi dalam pembelajaran kosakata mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata rata yang dihasilkan dari kuesioner adalah 4.94 yang dikategorikan sebagai level tinggi persetujuan berdasarkan skala interval. Siswa setuju bahwa pembelajaran kosakata menggunakan literasi visual membantu mereka dalam memahami kosakata, mengingat kosakata, dan memotivasi mereka dalam pembelajaran. Oleh karena itu penggunaan literasi visual seperti gambar, video, infografis, dan visual lainnya sangat disarankan digunakan dalam proses pembelajaran kosakata di kelas bahasa inggris, Karena penggunaan literasi visual terbukti dapat membantu siswa memahami dan mengingat kosakata dengan lebih efektif.
Kata kunci: kosakata, literasi visual, siswa EFL.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 03:31 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 03:31 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2917 |
