EXPLORING THE BENEFITS OF MICROTEACHING COURSE IN BUILDING STUDENT TEACHERS’ SELF-EFFICACY: A NARRATIVE INQUIRY IN INDONESIA

NUGRAHA, JULIANTY DWI (2025) EXPLORING THE BENEFITS OF MICROTEACHING COURSE IN BUILDING STUDENT TEACHERS’ SELF-EFFICACY: A NARRATIVE INQUIRY IN INDONESIA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. A THESIS.pdf] Text
1. A THESIS.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of 3. EXAMINER PAGE.pdf] Text
3. EXAMINER PAGE.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 6. PREFACE.pdf] Text
6. PREFACE.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8. TABEL OF CONTENT.pdf] Text
8. TABEL OF CONTENT.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 9. CHAPTER 1.pdf] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER 2.pdf] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 3.pdf] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 4.pdf] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 5.pdf] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[thumbnail of 14. REFERENCES.pdf] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 15. ENCLOSURE.pdf] Text
15. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)

Abstract

Microteaching telah muncul sebagai praktik mendasar dalam program pendidikan guru untuk meningkatkan keterampilan mengajar yang efektif bagi calon guru. Kursus ini mengharuskan guru merencanakan rencana pelajaran mereka, mengajarkan topik, dan menerima umpan balik dari teman sekelas dan dosen untuk meningkatkan praktik mengajar mereka. Microteaching memainkan peran penting dalam mempersiapkan calon guru untuk praktik mengajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat kelas microteaching dalam membangun efikasi diri di kalangan calon guru. Penelitian ini dilakukan di fakultas keguruan di salah satu universitas di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Partisipan terdiri dari tiga mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun akademik 2021. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan photovoice. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa microteaching membantu calon guru dalam membuat lesson plan, manajemen kelas, manajemen waktu dan memfasilitasi calon guru dengan semua indikator efikasi diri yang membantu mereka menjadi percaya diri dalam praktik mengajar mereka.

Kata kunci: Microteaching, praktik mengajar, efikasi diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:36
Last Modified: 17 Dec 2025 02:36
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item
View Item