TOPHONETICS WEBSITE IN LEARNING PRONUNCIATION TO SUPPORT THE STUDENTS’ AUTONOMOUS LEARNING

SINAGA, DIANA CAECILIA (2025) TOPHONETICS WEBSITE IN LEARNING PRONUNCIATION TO SUPPORT THE STUDENTS’ AUTONOMOUS LEARNING. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet.pdf] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 03 Approval Sheet of the Examiners.pdf] Text
03 Approval Sheet of the Examiners.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 03 Pernyataan.pdf] Text
03 Pernyataan.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 04 Personal Page.pdf] Text
04 Personal Page.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 06 Abstract.pdf] Text
06 Abstract.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 07 Preface.pdf] Text
07 Preface.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 08 Acknowledgements.pdf] Text
08 Acknowledgements.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 09 Table of Contents.pdf] Text
09 Table of Contents.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 10 List of Tables.pdf] Text
10 List of Tables.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 11 List of Pigures.pdf] Text
11 List of Pigures.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of 12 List of Enclosures.pdf] Text
12 List of Enclosures.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of 13 Chapter 1.pdf] Text
13 Chapter 1.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 14 Chapter 2.pdf] Text
14 Chapter 2.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 15 Chapter 3.pdf] Text
15 Chapter 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 16 Chapter 4.pdf] Text
16 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 17 Chapter 5.pdf] Text
17 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[thumbnail of 18 References.pdf] Text
18 References.pdf

Download (961kB)

Abstract

Masalah pelafalan masih menjadi tantangan utama bagi mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris karena membutuhkan latihan konsisten dan reflektif di luar kelas. Kurangnya waktu tatap muka dan keterbatasan umpan balik langsung menjadi hambatan dalam pengembangan pelafalan. Seiring berkembangnya teknologi, media digital seperti situs web ToPhonetics hadir untuk memberikan solusi mandiri dalam belajar pelafalan melalui fitur transkripsi fonetik dan model audio. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana situs web ToPhonetics dapat mendukung pembelajaran pelafalan secara mandiri pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang didasarkan pada teori kemandirian belajar Benson (2011). Tiga partisipan yang telah menggunakan ToPhonetics dipilih dan diwawancarai secara semi-terstruktur, lalu data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ToPhonetics mendukung kemandirian belajar mahasiswa dalam tiga aspek, yaitu pengelolaan pembelajaran, pengaturan diri, dan pemilihan konten. Mahasiswa mampu menentukan jadwal belajar, mengevaluasi kemajuan melalui latihan berulang dan perekaman suara, serta memilih kata dan aksen sesuai kebutuhan pribadi. Temuan ini menunjukkan bahwa ToPhonetics memberikan fleksibilitas, aksesibilitas, dan dorongan reflektif bagi mahasiswa untuk belajar pelafalan secara mandiri. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa ToPhonetics dapat menjadi alternatif media belajar berbasis teknologi yang mendorong peningkatan kemandirian belajar mahasiswa dalam penguasaan pelafalan bahasa Inggris.

Kata Kunci: kemandirian belajar, pembelajaran berbasis web, pelafalan, teknologi pembelajaran, ToPhonetics

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:30
Last Modified: 17 Dec 2025 02:30
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item
View Item