RAHMATILLAH, NADA (2025) SYNTHETIC PHONICS AND ITS EFFECTIVENESS IN IMPROVING EARLY ENGLISH READING SKILLS AMONG YOUNG LEARNERS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (228kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (389kB)
3. EXAMINER PAGE.pdf
Download (296kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (335kB)
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (251kB)
6. PREFACE.pdf
Download (218kB)
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (241kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (234kB)
9. CHAPTER 1.pdf
Download (254kB)
10. CHAPTER 2.pdf
Download (472kB)
11. CHAPTER 3.pdf
Download (282kB)
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (428kB)
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (238kB)
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode Synthetic Phonics (Jolly Phonics) dalam meningkatkan keterampilan membaca awal bahasa Inggris pada siswa kelas IV SD di Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan decoding, kesadaran fonemik, dan kelancaran membaca pada pembelajar EFL usia dini di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental one group pre-test post-test dengan delapan kali pertemuan, termasuk pre-test dan post-test menggunakan instrumen DIBELS 8th Edition Benchmark 1. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan paired sample t-test dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor komposit dari 355,73 (pre-test) menjadi 366,27 (post-test) dengan nilai t(21) = -2,904, p = 0,008 dan effect size sedang (Cohen’s d = 0,619). Analisis subtes menunjukkan peningkatan terbesar pada Phoneme Segmentation Fluency (PSF) dan Letter Naming Fluency (LNF), yang mencerminkan perkembangan signifikan dalam kesadaran fonemik dan pengenalan huruf. Temuan ini sejalan dengan teori Simple View of Reading (SVR), Stages of Reading Development (Chall), dan Orthographic Mapping (OM), serta penelitian terdahulu yang menegaskan pentingnya pembelajaran fonik sintetik untuk meningkatkan keterampilan membaca awal. Dengan demikian, Synthetic Phonics terbukti efektif sebagai pendekatan berbasis bukti untuk meningkatkan kemampuan membaca awal bahasa Inggris siswa EFL di Indonesia.
Kata kunci: Fonik Sintetik, Keterampilan Membaca Awal Bahasa Inggris, Kesadaran Fonemik, Decoding, Pembelajaran EFL Usia Dini.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 01:42 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 01:42 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2875 |
