YUPITI, MEGA (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH GARUT. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (165kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (84kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (70kB)
4. L3MBAR PERNYATAAN.pdf
Download (77kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (139kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (146kB)
7. KATAPENGANTAR.pdf
Download (144kB)
8. UCAPANN TERIMA KASIH.pdf
Download (157kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (254kB)
10. BAB 1.pdf
Download (238kB)
11. BAB 2.pdf
Download (307kB)
12. BAB 3.pdf
Download (401kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (404kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (151kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (236kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (163kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki judul “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMK Muhammadiyah Garut”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) perencanaan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah di Kelas X SMK Muhammadiyah Garut; 2) penerapan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah di Kelas X SMK Muhammadiyah Garut; 3) bentuk asesmen implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah di Kelas X SMK Muhammadiyah Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis naturalistik inkuiri. Teknik pengumpulan data yang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru sejarah, peserta didik kelas X, serta pihak terkait lainnya seperti kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) perencanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMK Muhammadiyah Garut capaian pembelajaran, penyusunan tujuan pembelajaran, dan modul ajar. Namun, dalam penyusunan modul ajar, guru belum mencantumkan beberapa komponen penting yang dapat menunjang proses pembelajaran, seperti media pembelajaran; 2) pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran menekankan pada pemahaman peserta didik, yang meliputi tiga tahapan pembelajaran: pembukaan, inti, dan penutup. Keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran menjadi hambatan bagi integritas pelaksanaan kurikulum Merdeka, sehingga proyek berbasis pembelajaran (PjBL) belum dapat dilaksanakan secara optimal; 3) dalam pelaksanaan asesmen pada proses pembelajaran sejarah di kelas X SMK Muhammadiyah Garut, asesmen pembelajaran dan asesmen diagnostik belum dilaksanakan secara optimal. Meskipun demikian, guru telah berperan aktif dalam menyiapkan serta melaksanakan asesmen formatif dan sumatif.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Sejarah, Sekolah Menengah Kejuruan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 04:10 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 04:10 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2750 |
