PENGARUH MEDIA GIMKIT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI-8 SMAN 1 SARIWANGI

ALVIN R, M.FAUZI (2025) PENGARUH MEDIA GIMKIT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI-8 SMAN 1 SARIWANGI. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 6. MOTTO.pdf] Text
6. MOTTO.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 10. BAB 1.pdf] Text
10. BAB 1.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 11. BAB 2.pdf] Text
11. BAB 2.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of 12. BAB 3.pdf] Text
12. BAB 3.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 13. BAB 4.pdf] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of 14. BAB 5.pdf] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Gimkit terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI-8 SMAN 1 Sariwangi. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah terlihat dari minimnya partisipasi aktif dalam kegiatan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode kuasi-eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Sariwangi dan sampel yang digunakan kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen menggunakan media Gimkit dan kelas XI-6 sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik sampel yang digunakan yaitu Non probability sampling jenis purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi dan menyebarkan angket sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji homognitas dan uji hipotesis. Untuk mengolah data peneliti menggunakan SPSS 25, menunjukkan bahwa rata rata nilai pretest dan postest kelas eksperimen masing-masing adalah 52,22 Dan 63,34. Sementara itu, pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest dan postest 52,17 dan 53,54. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Gimkit berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik. Dengan demikian, media Gimkit dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah.

Kata Kunci : Media Gimkit, Keaktifan belajar, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:46
Last Modified: 15 Dec 2025 03:46
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item
View Item