ALVIN R, M.FAUZI (2025) PENGARUH MEDIA GIMKIT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI-8 SMAN 1 SARIWANGI. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (164kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (252kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (222kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (292kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (152kB)
6. MOTTO.pdf
Download (263kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (250kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (259kB)
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (329kB)
10. BAB 1.pdf
Download (286kB)
11. BAB 2.pdf
Download (655kB)
12. BAB 3.pdf
Download (556kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (370kB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (151kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (386kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (152kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Gimkit terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI-8 SMAN 1 Sariwangi. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah terlihat dari minimnya partisipasi aktif dalam kegiatan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode kuasi-eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Sariwangi dan sampel yang digunakan kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen menggunakan media Gimkit dan kelas XI-6 sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik sampel yang digunakan yaitu Non probability sampling jenis purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi dan menyebarkan angket sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji homognitas dan uji hipotesis. Untuk mengolah data peneliti menggunakan SPSS 25, menunjukkan bahwa rata rata nilai pretest dan postest kelas eksperimen masing-masing adalah 52,22 Dan 63,34. Sementara itu, pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest dan postest 52,17 dan 53,54. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Gimkit berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik. Dengan demikian, media Gimkit dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah.
Kata Kunci : Media Gimkit, Keaktifan belajar, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:46 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:46 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2744 |
