Mahmud, Mahmud (2025) PENGARUH MEDIA PERMAINAN PENCARIAN KOTAK HARTA KARUN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 1 TALAGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (4MB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (158kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (138kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (146kB)
5. MOTO HIDUP.pdf
Download (4MB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (4MB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (4MB)
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (4MB)
9. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
10. BAB I.pdf
Download (4MB)
11. BAB II.pdf
Download (4MB)
12. BAB III.pdf
Download (4MB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (4MB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
17. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan media pembelajaran Permainan Pencarian Kotak Harta Karun terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI SMAN 1 Talaga. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah yang terlihat dari kurangnya semangat, dan keberanian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Permainan Pencarian Kotak Harta Karun, dan kelas XI-6 sebagai kelas kontrol yang menggunakan media susun kata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran angket sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Untuk mengolah data penulis menggunakan aplikasi IBM SPSS 31.Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest dan postest pada kelas eksperimen masing-masing adalah 35 dan 68. Sementara itu, pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest dan postest 52 dan 52. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Permainan Pencarian Kotak Harta Karun pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan 0,7 atau 74% menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar yang cukup efektif pada kelas eksperimen setelah diterapkan media pembelajaran tersebut. Dengan demikian, media Permainan Pencarian Kotak Harta Karun dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah.
Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Permainan Pencarian Kotak Harta Karun, Keaktifan Belajar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:15 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:15 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2734 |
