PENGARUH MEDIA PERMAINAN PENCARIAN KOTAK HARTA KARUN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 1 TALAGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Mahmud, Mahmud (2025) PENGARUH MEDIA PERMAINAN PENCARIAN KOTAK HARTA KARUN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 1 TALAGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 5. MOTO HIDUP.pdf] Text
5. MOTO HIDUP.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf] Text
9. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 17. BIODATA PENULIS.pdf] Text
17. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan media pembelajaran Permainan Pencarian Kotak Harta Karun terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kelas XI SMAN 1 Talaga. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah yang terlihat dari kurangnya semangat, dan keberanian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Permainan Pencarian Kotak Harta Karun, dan kelas XI-6 sebagai kelas kontrol yang menggunakan media susun kata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran angket sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Untuk mengolah data penulis menggunakan aplikasi IBM SPSS 31.Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest dan postest pada kelas eksperimen masing-masing adalah 35 dan 68. Sementara itu, pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest dan postest 52 dan 52. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Permainan Pencarian Kotak Harta Karun pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan 0,7 atau 74% menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar yang cukup efektif pada kelas eksperimen setelah diterapkan media pembelajaran tersebut. Dengan demikian, media Permainan Pencarian Kotak Harta Karun dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah.

Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Permainan Pencarian Kotak Harta Karun, Keaktifan Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:15
Last Modified: 15 Dec 2025 03:15
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2734

Actions (login required)

View Item
View Item