RAMDHANIAH, SARAH RIZKA (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESIPROKAL PADA MATERI BOLA BASKET DI KELAS VIII G SMPN 3 TASIKMALAYA (Penilitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (122kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (64kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (54kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (60kB)
5. MOTTO.pdf
Download (156kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (50kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (109kB)
8. UCAPAN TERIMKASIH.pdf
Download (53kB)
9. DAFTAR ISI.pdf
Download (70kB)
10. BAB I.pdf
Download (148kB)
11. BAB II.pdf
Download (176kB)
12. BAB III.pdf
Download (312kB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (49kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (181kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (53kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar keterampilan Shooting bola basket peserta didik dengan menggunakan metode mengajar resiprokal. Sementara itu, metode penelitian yang digunakan adalah metode PTK. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII G di SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya yang terdiri dari 32 siswa. Selama penelitian berlangsung dilakukan pembelajaran secara berkala guna untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar keterampilan dasar Shooting. Setelah itu, dilakukan pengambilan data dan diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar yang khususnya pada keterampilan dasar Shooting dengan menggunakan metode pembelajaran resiprokal . Dengan demikian, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwasannya terjadi peningkatan hasil belajar Shooting bola basket pada peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya mulai dari kondisi awal, siklus I hingga ke kondisi akhir atau siklus II. Sebelum pelaksanaan tindakan, jumlah peserta didik yang tuntas mencapai KKTP sebanyak 9 peserta didik atau 28,12% dari jumlah keseluruhan 32 orang. Selanjutnya mengalami peningkatan dalam siklus I yaitu sebanyak 12 peserta didik atau 37,5% dari jumlah keseluruhan 32 orang hingga didapatkan kondisi akhir yang menjadi titik puncak peningkatan hasil belajar Shooting bola basket pada siklus II yaitu sebanyak 26 peserta didik atau 81,25% dari jumlah keseluruhan 32 orang mengalami peningkatan hasil belajar Shooting bola basket melalui metode pembelajaran resiprokal pada peserta didik VIII G di SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya.
Kata kunci: Hasil belajar, Metode Resiprokal, Shooting Bola Basket.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:12 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:12 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2693 |
