MULTILINGUAL IDENTITY AWARENESS IN LEARNING ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE

MUNADI, KHUSNI GUSTI NURHASAN (2025) MULTILINGUAL IDENTITY AWARENESS IN LEARNING ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet.pdf] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 03 Approval Sheet of the Examiners.pdf] Text
03 Approval Sheet of the Examiners.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 04 Lembar Pernyataan.pdf] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 06 Abstract.pdf] Text
06 Abstract.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 07 Preface.pdf] Text
07 Preface.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 08 Acknowledgements.pdf] Text
08 Acknowledgements.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 09 Table of Contents.pdf] Text
09 Table of Contents.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 10 List of Tables.pdf] Text
10 List of Tables.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 11 List of Enclosures.pdf] Text
11 List of Enclosures.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 12 Chapter 1.pdf] Text
12 Chapter 1.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 13 Chapter 2.pdf] Text
13 Chapter 2.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 14 Chapter 3.pdf] Text
14 Chapter 3.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 15 Chapter 4.pdf] Text
15 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[thumbnail of 16 Chapter 5.pdf] Text
16 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[thumbnail of 17 References.pdf] Text
17 References.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 18 Enclosures.pdf] Text
18 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesadaran identitas multibahasa mengacu pada kemampuan mengenali dan menavigasi berbagai identitas bahasa dan budaya. Kesadaran identitas multibahasa juga terkait erat dengan pembelajaran yang terdiferensiasi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan siswa. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi kesadaran identitas multibahasa dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi kesadaran identitas multibahasa dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan analisis data menggunakan analisis tematik. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesadaran identitas multibahasa dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing, meliputi faktor pendidikan, tugas mata kuliah, lingkungan, faktor keluarga, kecintaan terhadap bahasa, penggunaan bahasa, tantangan dan pencapaian pribadi, keyakinan budaya dan keyakinan pembelajar. Tema-tema yang mencakup faktor-faktor tersebut meliputi: (1) Pengalaman; (2) Faktor Sosial; (3) Sikap Pembelajar terhadap Bahasa. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa dalam konteks kesadaran identitas multibahasa, faktor faktor di atas dapat muncul pada seseorang yang sedang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi dan pengetahuan bagi mahasiswa yang sedang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing bahwa identitas multibahasa merupakan suatu aset, bukan hambatan. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian dengan partisipan yang lebih luas dan beragam, analisis data yang lebih kritis, dan keberagaman partisipan yang lebih luas.

Kata Kunci: Kesadaran Identitas Multibahasa, Faktor-faktor, Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:23
Last Modified: 12 Dec 2025 03:23
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2667

Actions (login required)

View Item
View Item