MUNADI, KHUSNI GUSTI NURHASAN (2025) MULTILINGUAL IDENTITY AWARENESS IN LEARNING ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (163kB)
02 Approval Sheet.pdf
Download (238kB)
03 Approval Sheet of the Examiners.pdf
Download (229kB)
04 Lembar Pernyataan.pdf
Download (236kB)
05 Abstrak.pdf
Download (170kB)
06 Abstract.pdf
Download (181kB)
07 Preface.pdf
Download (123kB)
08 Acknowledgements.pdf
Download (239kB)
09 Table of Contents.pdf
Download (322kB)
10 List of Tables.pdf
Download (117kB)
11 List of Enclosures.pdf
Download (178kB)
12 Chapter 1.pdf
Download (503kB)
13 Chapter 2.pdf
Download (222kB)
14 Chapter 3.pdf
Download (234kB)
15 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
16 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (121kB)
17 References.pdf
Download (198kB)
18 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kesadaran identitas multibahasa mengacu pada kemampuan mengenali dan menavigasi berbagai identitas bahasa dan budaya. Kesadaran identitas multibahasa juga terkait erat dengan pembelajaran yang terdiferensiasi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan siswa. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi kesadaran identitas multibahasa dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi kesadaran identitas multibahasa dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan analisis data menggunakan analisis tematik. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan bahwa ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesadaran identitas multibahasa dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing, meliputi faktor pendidikan, tugas mata kuliah, lingkungan, faktor keluarga, kecintaan terhadap bahasa, penggunaan bahasa, tantangan dan pencapaian pribadi, keyakinan budaya dan keyakinan pembelajar. Tema-tema yang mencakup faktor-faktor tersebut meliputi: (1) Pengalaman; (2) Faktor Sosial; (3) Sikap Pembelajar terhadap Bahasa. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa dalam konteks kesadaran identitas multibahasa, faktor faktor di atas dapat muncul pada seseorang yang sedang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi dan pengetahuan bagi mahasiswa yang sedang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing bahwa identitas multibahasa merupakan suatu aset, bukan hambatan. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian dengan partisipan yang lebih luas dan beragam, analisis data yang lebih kritis, dan keberagaman partisipan yang lebih luas.
Kata Kunci: Kesadaran Identitas Multibahasa, Faktor-faktor, Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 03:23 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 03:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2667 |
