BARQIYAH, MARISA SOFWATUNNISA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA (KAM). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER .pdf
Download (81kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (308kB)
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf
Download (220kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf
Download (79kB)
5. ABSTRAK .pdf
Download (6kB)
6. KATA PENGANTAR .pdf
Download (119kB)
7. DAFTAR ISI .pdf
Download (49kB)
8. BAB 1.pdf
Download (116kB)
9. BAB 2 .pdf
Download (218kB)
10. BAB 3 .pdf
Download (131kB)
11. BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (317kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6kB)
13. DAFTAR PUSTAKA .pdf
Download (80kB)
14. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (93kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman matematis peserta didik ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan pemahaman matematis materi persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini adalah tiga orang peserta didik kelas 8 SMP PUI Cicurug yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak semua subjek mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek, pada peserta didik dengan kemampuan awal matematika tinggi, ia mampu menyelesaikan indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek, baik pemahaman komputasional (menyelesaikan soal secara terstruktur/ berurutan, menerapkan metode untuk menyelesaikan soal, mengerjakan perhitungan secara algoritmik) dan pemahaman fungsional (mengaitkan soal ke dalam bentuk variabel, membuktikan kebenaran suatu metode). Peserta didik dengan kemampuan awal matematika sedang, kurang mampu menyelesaikan indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek dengan baik, seperti peserta didik hanya mampu menyelesaikan 1 indikator pemahaman fungsional (mengaitkan soal ke dalam bentuk variabel), pada indikator menerapkan metode untuk menyelesaikan soal dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik ia tidak mampu menyelesaikan indikator tersebut, dan pada indikator membuktikan kebenaran suatu metode peserta didik tidak dapat membuktikan dengan metode lain. Peserta didik dengan kemampuan awal rendah, tidak mampu menyelesaikan semua indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek, ia hanya mampu menyelesaikan indikator pemahaman komputasional (menyelesaikan soal secara terstruktur/ berurutan) dan tidak mampu menyelesaikan indikator lainnya seperti mengaitkan soal ke dalam bentuk variabel, menerapkan metode untuk menyelesaikan soal, mengerjakan perhitungan secara algoritmik, dan membuktikan kebenaran suatu metode.
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Polattsek, Kemampuan Awal Matematika
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:28 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:28 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2655 |
