KIRANA, LILY SEKAR (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN ALAT BANTU TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF GEOGRAFI (Studi pada Materi Litosfer di Kelas X SMAS Islam PB. Soedirman 2 Bekasi). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (223kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (258kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (264kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (253kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (245kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (245kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (215kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (361kB)
9. BAB I.pdf
Download (366kB)
10. BAB II.pdf
Download (471kB)
11. BAB III.pdf
Download (666kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (336kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (208kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (188kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan alat bantu Talking Stick terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi litosfer di kelas X SMAS Islam PB. Soedirman 2 Bekasi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test control group, melibatkan kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan alat bantu Talking Stick meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dan menghasilkan nilai t = –3,644 dengan signifikansi = 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif dengan alat bantu Talking Stick berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi litosfer. Kata kunci: Hasil Belajar, Kognitif, Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:41 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 01:41 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2640 |
