PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN ALAT BANTU TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF GEOGRAFI (Studi pada Materi Litosfer di Kelas X SMAS Islam PB. Soedirman 2 Bekasi)

KIRANA, LILY SEKAR (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN ALAT BANTU TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF GEOGRAFI (Studi pada Materi Litosfer di Kelas X SMAS Islam PB. Soedirman 2 Bekasi). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan alat bantu Talking Stick terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi litosfer di kelas X SMAS Islam PB. Soedirman 2 Bekasi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test control group, melibatkan kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan alat bantu Talking Stick meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dan menghasilkan nilai t = –3,644 dengan signifikansi = 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif dengan alat bantu Talking Stick berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi litosfer. Kata kunci: Hasil Belajar, Kognitif, Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:41
Last Modified: 12 Dec 2025 01:41
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item
View Item