SALDAN, GANITA (2025) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA (Survei pada Peserta didik Jurusan IPS kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (216kB)
02 Lembar Pengesahan.pdf
Download (280kB)
03 Lembar Dewan Panguji.pdf
Download (261kB)
04 Pernyataan.pdf
Download (266kB)
05 Abstrak.pdf
Download (183kB)
06 Abstract.pdf
Download (183kB)
07 Kata Pengantar.pdf
Download (282kB)
08 Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (186kB)
09 Daftar Isi.pdf
Download (190kB)
10 Daftar Tabel.pdf
Download (183kB)
11 Daftar Gambar.pdf
Download (180kB)
12 BAB 1.pdf
Download (428kB)
13 BAB 2.pdf
Download (362kB)
14 BAB 3.pdf
Download (653kB)
15 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (530kB)
16 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (342kB)
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (307kB)
18 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Masalah dari penelitian ini yaitu rendahnya kreativitas pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap kreativitas belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 214 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling yaitu dengan sampling jenuh, pemilihan sampel jenuh ini yaitu semua populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 214. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap kreativitas belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya, motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kreativitas belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Status sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05.
Kata kunci : Sosial Ekonomi, Motivasi, Kreativitas
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 07:41 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 07:41 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2603 |
