ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI CURIOSITY

NURYANTI, TRI (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI CURIOSITY. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 3. SURAT KETERANGAN.pdf] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 11. BAB 1.pdf] Text
11. BAB 1.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 12. BAB 2.pdf] Text
12. BAB 2.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 13. BAB 3.pdf] Text
13. BAB 3.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 14. BAB 4.pdf] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[thumbnail of 15. BAB 5.pdf] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 18. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari curiosity pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket curiosity, tes soal kemampuan berpikir kritis matematis, serta wawancara mendalam. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket curiosity, tes soal berpikir kritis matematis, dan pedoman wawancara. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang dipilih berdasarkan tingkat curiosity. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematis pada masing-masing kategori curiosity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan curiosity tinggi (S9) mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir kritis matematis, yaitu interpretation, analysis, evaluation, dan inference. Subjek ini menunjukkan antusiasme, mampu menjelaskan ulang penyelesaian, serta menghubungkan konsep matematika dengan konteks nyata. Subjek dengan curiosity sedang (S33) juga memenuhi keempat indikator berpikir kritis, namun penjelasan yang diberikan kurang mendalam dibandingkan subjek kategori tinggi, meskipun tetap runtut dan cukup jelas. Sementara itu, subjek dengan curiosity rendah (S28) hanya mampu memenuhi dua indikator, yaitu interpretation dan analysis. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat curiosity siswa, semakin baik pula kemampuan berpikir kritis matematis yang dimiliki.

ata kunci: Kemampuan berpikir kritis, Curiosity, Analisis deskriptif, Bangun datar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:08
Last Modified: 11 Dec 2025 07:08
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2594

Actions (login required)

View Item
View Item