PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN SCRATCH PADA MATERI PECAHAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK

ANJANI, SABILA PUTRI (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN SCRATCH PADA MATERI PECAHAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 3. SURAT KETERANGAN.pdf] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Kemampuan abstraksi matematis merupakan salah satu kompetensi esensial yang harus dimiliki peserta didik agar mampu memahami konsep, membuat generalisasi, dan memecahkan masalah secara rasional. Namun, dalam praktiknya, banyak peserta didik masih mengalami kesulitan dalam membangun kemampuan tersebut, khususnya pada materi pecahan yang menuntut pemahaman konseptual tinggi. Kondisi ini menunjukkan perlunya inovasi media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan relevan dengan karakteristik peserta didik era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan yang di dalamnya mencakup menguji kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD interaktif berbantuan Scratch pada materi pecahan dalam melatih kemampuan abstraksi matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian meliputi dua ahli materi, dua ahli soal, dua ahli media, seorang pendidik, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur, kuesioner validasi ahli, angket respon peserta didik dan pendidik, serta tes kemampuan abstraksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD interaktif berbantuan Scratch memiliki tingkat kevalidan berada pada kriteria sangat valid, memperoleh respon kepraktisan berada pada kriteria sangat praktis, serta menunjukkan efektivitas berada pada kriteria Strong Effect. Temuan ini mengindikasikan bahwa E-LKPD berbantuan Scratch layak digunakan dalam pembelajaran matematika dan dapat melatih kemampuan abstraksi matematis peserta didik secara signifikan.

Kata kunci: Pengembangan E-LKPD Interaktif, Scratch, Pecahan, Kemampuan Abstraksi Matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 06:57
Last Modified: 11 Dec 2025 06:57
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2593

Actions (login required)

View Item
View Item