USMANTO, KHARISMA ADI RATNA (2025) ANALISIS KECERDASAN VISUAL SPASIAL DITINJAU DARI DOMINASI OTAK PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (194kB)
2. Pengesahan.pdf
Download (290kB)
3. Penguji.pdf
Download (457kB)
4. Pernyataan.pdf
Download (484kB)
5. Abstrak.pdf
Download (118kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (142kB)
7. Lembar Persembahan.pdf
Download (218kB)
8. Daftar Isi.pdf
Download (216kB)
9. Daftar Tabel.pdf
Download (139kB)
10. Daftar Gambar.pdf
Download (140kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (142kB)
12. Bab 1.pdf
Download (235kB)
13. Bab 2.pdf
Download (484kB)
14. Bab 3.pdf
Download (300kB)
15. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
16. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (160kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (195kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
19. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (129kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial peserta didik ditinjau dari dominasi otak kanan dan kiri. Penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket dominasi otak, tes kecerdasan visual spasial, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Penentuan subjek didasarkan pada pertimbangan peserta didik yang memiliki karakteristik konsisten dari dominasi otak kanan dan kiri, serta memenuhi setiap karakteristik kecerdasan visual spasial terlepas dari jawaban benar maupun salah, serta mampu memberikan informasi yang jelas dan lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan dominasi otak kanan (S-2 dan S-8) memenuhi karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu pengimajinasian, pengonsepan, pemecahan masalah, dan pencarian pola. Subjek S-2 dan S-8 menunjukkan karakteristik dominasi otak kanan yang intuitif, imajinatif, kreatif, dan visual, dengan kecenderungan menggunakan visual dalam menyusun strategi. Lalu, subjek dengan dominasi otak kiri (S-13 dan S-19) memenuhi karakteristik kecerdasan visual spasial, yaitu pengimajinasian, pengonsepan, pemecahan masalah, dan pencarian pola. Subjek S-13 dan S-19 menunjukkan karakteristik dominasi otak kiri yang logis, sistematis, dan berbasis konsep, dengan pendekatan yang lebih berhati-hati dan terstruktur. Perbedaan ini menunjukkan bahwa dominasi otak memengaruhi cara peserta didik memahami informasi, merencanakan strategi penyelesaian, dan mengevaluasi hasil dalam konteks visual spasial.
Kata kunci: Kecerdasan Visual Spasial, Dominasi Otak Kanan, Dominasi Otak Kiri
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 06:49 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 06:49 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2590 |
