NABILA, VALESYA (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN TIPE SOAL MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (191kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN V.pdf
Download (400kB)
3. SUKET REVISI.pdf
Download (256kB)
4. SURAT PERNYATAAN.pdf
Download (215kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (116kB)
6. KATA PENGANTARA.pdf
Download (138kB)
7. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf
Download (203kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (214kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (136kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (139kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (139kB)
12. BAB 1.pdf
Download (175kB)
13. BAB 2.pdf
Download (476kB)
14. BAB 3.pdf
Download (341kB)
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (928kB)
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (161kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (194kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan tipe soal Matematika Nalaria Realistik (MNR) ditinjau dari resiliensi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa pengisian angket resiliensi matematis, tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti, angket resiliensi matematis, dan soal tipe MNR yang disesuaikan dengan kemampuan penalaran matematis. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 peserta didik kelas VIII-K SMP Negeri 1 Tasikmalaya. Penentuan subjek didasarkan pada pertimbangan peserta didik yang memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis paling banyak di setiap kategori resiliensi matematis dengan tidak mempertimbangkan jawaban benar maupun salah serta mampu memberikan informasi yang jelas dan lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori resiliensi matematis tinggi (S-3), (S-4) dan sedang (S-8) mampu menyajikan pernyataan melalui tulisan, mengajukan dugaan, melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu, memeriksa kesahihan suatu argumen dan menarik kesimpulan atau melakukan generalisasi. (S-4) tidak menuliskan jawaban akhir pada penyelesaian soal tetapi saat wawancara mampu menjelaskan dengan baik dalam melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu. Sedangkan (S-8) melakukan kesalahan dalam melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu. Peserta didik dengan kategori resiliensi matematis rendah (S 10) hanya mampu menyajikan pernyataan melalui tulisan, mengajukan dugaan, melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu.
Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Tipe Soal Matematika Nalaria Realistik (MNR), Resiliensi Matematis
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 06:41 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 06:41 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2587 |
