LINDA, PUTRI (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN COMMON KNOWLEDGE CONSTRUCTION MODEL (CKCM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESESTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (178kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (194kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (143kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (311kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (187kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (146kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (274kB)
8. BAB 1.pdf
Download (253kB)
9. BAB 2.pdf
Download (585kB)
10. BAB 3.pdf
Download (955kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (757kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (227kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (200kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (152kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di SMA Negeri 1 Jatiwaras. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya keterampilan proses sains dengan cara menerapkan pembelajaran Common Knowledge Construction Model (CKCM). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CKCM terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dan desain penelitian posttest only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Jatiwaras, yang terdiri dari 10 kelas dengan total peserta didik 388 orang. Pemilihan sample pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling untuk dua kelas, yaitu X-7 sebagai kelas eksperimen dan X-6 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan proses sains dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang mencakup 10 indikator keterampilan proses sains. Untuk menganalisis data, digunakan uji prasyarat yang mencakup uji normalitas dengan Chi-Square dan uji homogenitas dengan uji Fisher serta uji hipotesis menggunakan uji � dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Hasil uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan kedua sampel memiliki varians yang homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh hasil �ℎ����� = 2,64 > ������ = 1,67 sehingga �� diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran CKCM terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci: Keterampilan proses sains, pembelajaran CKCM, usaha dan energi,
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 04:29 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 04:29 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2577 |
