PENGARUH PEMBELAJARAN COMMON KNOWLEDGE CONSTRUCTION MODEL (CKCM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESESTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2024/2025)

LINDA, PUTRI (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN COMMON KNOWLEDGE CONSTRUCTION MODEL (CKCM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESESTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (955kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di SMA Negeri 1 Jatiwaras. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya keterampilan proses sains dengan cara menerapkan pembelajaran Common Knowledge Construction Model (CKCM). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CKCM terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dan desain penelitian posttest only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Jatiwaras, yang terdiri dari 10 kelas dengan total peserta didik 388 orang. Pemilihan sample pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling untuk dua kelas, yaitu X-7 sebagai kelas eksperimen dan X-6 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan proses sains dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang mencakup 10 indikator keterampilan proses sains. Untuk menganalisis data, digunakan uji prasyarat yang mencakup uji normalitas dengan Chi-Square dan uji homogenitas dengan uji Fisher serta uji hipotesis menggunakan uji � dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Hasil uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan kedua sampel memiliki varians yang homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh hasil �ℎ����� = 2,64 > ������ = 1,67 sehingga �� diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran CKCM terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci: Keterampilan proses sains, pembelajaran CKCM, usaha dan energi,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 04:29
Last Modified: 11 Dec 2025 04:29
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item
View Item