MAULIDAH, DINI SITI (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL PHET SIMULATION PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Pengembangan E-Modul Berbasis Model Experiential Learning untuk kelas XI MIPA di SMAN 1 Singaparna). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (19kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (193kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (174kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (141kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (136kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (14kB)
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (244kB)
8. BAB 1.pdf
Download (161kB)
9. BAB 2.pdf
Download (466kB)
10. BAB 3.pdf
Download (808kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (167kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (85kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena bahan ajar yang biasa digunakan berupa buku paket sehingga belum memfasilitasi pembelajaran peserta didik dan belum memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi khususnya pada fluida dinamis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai validitas dan kepraktisan e-modul. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun dalam penelitian ini dibatasi sampai tahap develop karena penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang valid dan praktis. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran dengan analisis data menggunakan indeks Aiken’s V. Uji kepraktisan produk dilakukan dengan memberikan angket kepada pendidik dan peserta didik kelas XI MIPA 2 untuk menguji kepraktisan produk yang dikembangkan. Hasil uji validasi e-modul berdasarkan aspek materi memperoleh nilai 0,89 dengan kategori sangat valid, uji validasi e-modul berdasarkan ahli media memperoleh nilai 0,84 dengan kategori sangat valid, dan uji validasi berdasarkan ahli pembelajaran memperoleh nilai 0,89 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh nilai sebesar 91,67 dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh nilai sebesar 79,98 dengan kategori praktis. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran
Kata kunci: E-modul, Fluida dinamis, model experiential learning, PhET.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 04:22 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 04:22 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2574 |
