PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL PHET SIMULATION PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Pengembangan E-Modul Berbasis Model Experiential Learning untuk kelas XI MIPA di SMAN 1 Singaparna)

MAULIDAH, DINI SITI (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL PHET SIMULATION PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Pengembangan E-Modul Berbasis Model Experiential Learning untuk kelas XI MIPA di SMAN 1 Singaparna). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (808kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena bahan ajar yang biasa digunakan berupa buku paket sehingga belum memfasilitasi pembelajaran peserta didik dan belum memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi khususnya pada fluida dinamis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai validitas dan kepraktisan e-modul. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun dalam penelitian ini dibatasi sampai tahap develop karena penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang valid dan praktis. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran dengan analisis data menggunakan indeks Aiken’s V. Uji kepraktisan produk dilakukan dengan memberikan angket kepada pendidik dan peserta didik kelas XI MIPA 2 untuk menguji kepraktisan produk yang dikembangkan. Hasil uji validasi e-modul berdasarkan aspek materi memperoleh nilai 0,89 dengan kategori sangat valid, uji validasi e-modul berdasarkan ahli media memperoleh nilai 0,84 dengan kategori sangat valid, dan uji validasi berdasarkan ahli pembelajaran memperoleh nilai 0,89 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh nilai sebesar 91,67 dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh nilai sebesar 79,98 dengan kategori praktis. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran

Kata kunci: E-modul, Fluida dinamis, model experiential learning, PhET.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 04:22
Last Modified: 11 Dec 2025 04:22
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item
View Item