PENGARUH MODEL PRAKTIKUM HIGHER ORDER THINKING LABORATORY (HOT-LAB) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ALAT OPTIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang Tahun Ajaran 2024/2025)

SAEPULOH, IKBAL (2025) PENGARUH MODEL PRAKTIKUM HIGHER ORDER THINKING LABORATORY (HOT-LAB) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ALAT OPTIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 5. ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR TABEL.pdf] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 12. BAB 1.pdf] Text
12. BAB 1.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 13. BAB 2.pdf] Text
13. BAB 2.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of 14. BAB 3.pdf] Text
14. BAB 3.pdf

Download (846kB)
[thumbnail of 15. BAB 4.pdf] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[thumbnail of 16. BAB 5.pdf] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Fisika pada penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik, kurangnya keterlaksanaan praktikum pada pembelajaran Fisika, dan kurangnya variasi model pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti memberikan solusi melalui penerapan model praktikum Higher Order Thinking Laboratory (HOT-Lab) untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang sebanyak 3 kelas dengan jumlah peserta didik 101 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan hasil sampel yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik melaksanakan tes setelah diberikan perlakuan (posttest) dalam bentuk soal yang berjumlah 10 soal uraian, dengan masing-masing soal mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh hasil perhitungan dengan taraf signifikasi ( yaitu sehingga diterima dan ) diperoleh nilai ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model praktikum Higher Order Thinking Laboratory (HOT-Lab) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi alat optik di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cigalontang tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, model praktikum Higher Order Thinking Laboratory (HOT-Lab), alat optik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 04:03
Last Modified: 11 Dec 2025 04:03
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item
View Item