PENGARUH STARTER EXPERIMENTAPPROACH (SEA) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

FEBIANTI, ARNA (2025) PENGARUH STARTER EXPERIMENTAPPROACH (SEA) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (811kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika penting untukdilatihkan supaya peserta didik mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah dengan mempertimbanhkan strategi yang tepat. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 8 Tasikmalaya diketahui bahwa keterampilan proses sains dan aktivitas belajar peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu pemicunya adalah kurangnya variasi pendekatan pembelajaran yang digunakan. Salah satu solusi yang untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Starter Experiment Approach (SEA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Starter Experiment Approach (SEA) terhadap keterampilan proses sains dan aktivitas belajar peserta didik pada materi fluida dinamis di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh keas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah 162 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan Purposive Sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 5. Untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian dengan masing-masing soal mencakup indicator keterampilan proses sains. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan ( ) menunjukkan bahwa ( ) ( ) yakni ditolak yang artinya Starter Experiment Approach (SEA) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan aktivitas belajar peserta didik pada materi fluida dinamis di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.

Kata kunci: aktivitas belajar, fluida dinamis, keterampilan proses sains, Starter Experiment Approach (SEA)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:46
Last Modified: 11 Dec 2025 03:46
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item
View Item