FEBIANTI, ARNA (2025) PENGARUH STARTER EXPERIMENTAPPROACH (SEA) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (192kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (476kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (341kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (551kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (407kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (308kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (397kB)
8. BAB I.pdf
Download (330kB)
9. BAB II.pdf
Download (811kB)
10. BAB III.pdf
Download (982kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (749kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (424kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (308kB)
Abstract
Keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika penting untukdilatihkan supaya peserta didik mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah dengan mempertimbanhkan strategi yang tepat. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 8 Tasikmalaya diketahui bahwa keterampilan proses sains dan aktivitas belajar peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu pemicunya adalah kurangnya variasi pendekatan pembelajaran yang digunakan. Salah satu solusi yang untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Starter Experiment Approach (SEA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Starter Experiment Approach (SEA) terhadap keterampilan proses sains dan aktivitas belajar peserta didik pada materi fluida dinamis di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh keas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah 162 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan Purposive Sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 5. Untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian dengan masing-masing soal mencakup indicator keterampilan proses sains. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan ( ) menunjukkan bahwa ( ) ( ) yakni ditolak yang artinya Starter Experiment Approach (SEA) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan aktivitas belajar peserta didik pada materi fluida dinamis di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
Kata kunci: aktivitas belajar, fluida dinamis, keterampilan proses sains, Starter Experiment Approach (SEA)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 03:46 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:46 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2564 |
