HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU (Korelasi pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

ISLAMI, FAHMI HUJJATUL (2025) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU (Korelasi pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seseorang dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi cenderung memiliki sikap optimis, inisiatif, tangguh, dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional (EQ) dengan hasil belajar fisika siswa di SMA Negeri 10 Tasikmalaya. Populasi penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya yang memilih fisika sebagai mata pelajaran peminatan berjumlah 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 70 siswa dan sampel penelitian dipilih secara sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kognitif pada materi suhu dan angket tertutup yang berisikan pertanyaan mengacu kepada skala kecerdasan emosional menurut teori Goleman. Skala kecerdasan emosional terdiri dari aspek mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan bekerja sama dengan orang lain. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat berupa uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji linearitas, serta uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika peserta didik pada materi suhu dengan nilai signifikansi sebesar 0,009 (nilai signifikansi  0,05). Berdasarkan hasil analisis data juga dapat diketahui bahwa peserta didik kelas XI 6 dan XI-7 SMA Negeri 10 Tasikmalaya memiliki kecerdasan emosional dan hasil belajar dalam kategori sedang.

Kata kunci: Fisika, Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:39
Last Modified: 11 Dec 2025 03:39
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item
View Item