YULIANTI, MEGA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MAN 1 KOTA TASIKMALAYA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (217kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (331kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (141kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (239kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (188kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (337kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (154kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (313kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (7kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (5kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5kB)
12. BAB I.pdf
Download (21kB)
13. BAB II.pdf
Download (478kB)
14. BAB III.pdf
Download (687kB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (440kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (131kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (188kB)
Abstract
Penelitian tersebut dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental desaigns. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS MAN I Kota Tasikmalaya yang berjumlah 192 siswa, sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing terdiri dari 33 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan Pretest dan Posttest yang terdiri dari 25 butir soal dengan alternatif jawaban pilihan ganda. Hasil penelitian dilihat dari perubahan nilai Pretest dan Posttest. Pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dari hasil uji paired samples t-test mendapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai N-Gain sebesar 0,44 terinterpretasi sedang. Pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dari uji uji paired samples t-test mendapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai N-Gain sebesar 0,30 terinterpretasi sedang. Kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dikelas XI IPS 1.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Siswa
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 03:22 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:22 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2560 |
