Anggraeny, Lingga Siti (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATIMATIK PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGI"INAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) DENGAN COOPEruITIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GD (Penelitian di Kelas VIII Mts FADRIS Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 20rclz0fi). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Halaman Sampul.pdf
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (98kB)
3. DAFTAR ISI.pdf
Download (245kB)
4. BAB I.pdf
Download (102kB)
5. BAB II.pdf
Download (356kB)
6. BAB III.pdf
Download (289kB)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (266kB)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (31kB)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (70kB)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
11. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (112kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik
yang lebih baik antara yang menggunakan Model Discovery Learning (DL) dengan
Model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI), selain itu untuk
mengetahui motivasi belajar peserta didik terhadap Model Discovery Learning
(DL) dan Model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas VIII MTs FADRIS Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran
2016/ 2017. Sampel diambil dua kelas secara acak (random) menurut kelas, terpilih
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen
2. Kelas eksperimen 1 menggunakan Model Discovery Learning (DL) dan kelas
eksperimen 2 menggunakan Model Cooperative Learning tipe Group Investigation
(GI). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal postes kemampuan
Komunikasi matematik dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data
menggunakan uji hipotesis perbedaan dua rata-rata dan analisis data motivasi
belajar peserta didik dilakukan dengan cara menggolongkan peserta didik kedalam
kategori peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematik peserta
didik yang menggunakan Model Discovery Learning (DL) lebih baik dari Model
Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI), dan motivasi belajar peserta
didik terhadap penggunaan model Discovery Learning (DL) dan Model
Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) menunjukkan kategori tinggi.
Kata Kunci: Model Discovery Learning (DL), Model Cooperative Learning tipe
Group Investigation (GI), kemampuan komunikasi matematik,
motivasi belajar peserta didik
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:30 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:30 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/256 |
