Lutpiah, Siti Padhillah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI ECOPRENEURSHIP TERHADAP KEMAMPUAN ENTREPRENEURIAL SPIRIT DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen pada Materi Ekosistem di Kelas X SMAN 1 Rancah Tahun Ajaran 2024/2025 ). Other thesis, Universitas siliwangi.
1)COVER_Siti Padhilah.pdf
Download (167kB)
2)Lembar Pengesahan_Siti.pdf
Download (240kB)
3)Lembar Pertahanan_Siti.pdf
Download (196kB)
4)PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (199kB)
5)ABSTRAK.pdf
Download (240kB)
6)UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (154kB)
7)KATA PENGANTAR.pdf
Download (153kB)
8)DAFTAR ISI.pdf
Download (197kB)
9)DAFTAR TABEL.pdf
Download (149kB)
10)DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (111kB)
11)DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (113kB)
12)BAB 1.pdf
Download (324kB)
13)BAB 2.pdf
Download (550kB)
14)BAB 3.pdf
Download (2MB)
15)BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (935kB)
16)BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (189kB)
17)DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (238kB)
18)LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
19)RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (151kB)
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam menyiapkan peserta didik yang tidak hanya menguasai aspek kognitif, tetapi juga memiliki kemampuan entrepreneur untuk mengahdapi tantangan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning berorientasi ecopreneurship terhadap kemampuan entrepreneurial spirit dan hasil belajar pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Rancah tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 1 Rancah sebanyak 11 kelas, dengan sampel 3 kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas XE-5, XE-7 dan XE-8. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket entrepreneurial spirit sebanyak 32 pernyataan dan tes hasil belajar kognitif sebanyak 37 soal pilihan majemuk. Analisis data menggunakan uji One-Way ANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model project based learning berorientasi ecopreneurship terhadap entrepreneurial spirit dan hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000. nilai signifikansi menunjukan < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu dari skor rata-rata pengukuran entreprenerial spirit dan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan skor di kelas kontrol positif dan kelas kontrol negatif. Dengan demikian, model project based learning berorientasi ecopreneurship memberikan pengaruh positif terhadap entrepreneurial spirit dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Rancah.
Kata Kunci: Project Based Learning, Ecopreneurship, Kemampuan Entrepreneurial Spirit, Hasil Belajar Kognitif, Ekosistem
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 03:12 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:12 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2557 |
