PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN TEACHMINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Ekperimen di Kelas X SMAN 1 Rancah)

Nurrizki, Fitria (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN TEACHMINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Ekperimen di Kelas X SMAN 1 Rancah). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of (1) COVER.pdf] Text
(1) COVER.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of (2) LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf] Text
(2) LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of (3) LEMBAR PERTAHANAN.pdf] Text
(3) LEMBAR PERTAHANAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of (4) KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf] Text
(4) KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of (5) ABSTRAK.pdf] Text
(5) ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of (6) KATA PENGANTAR.pdf] Text
(6) KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of (7) UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
(7) UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of (8) DAFTAR ISI .pdf] Text
(8) DAFTAR ISI .pdf

Download (215kB)
[thumbnail of (9) DAFTAR TABEL.pdf] Text
(9) DAFTAR TABEL.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of (10) DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
(10) DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of (11) DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
(11) DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of (12) BAB 1.pdf] Text
(12) BAB 1.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of (13) BAB 2.pdf] Text
(13) BAB 2.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of (14) BAB 3.pdf] Text
(14) BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of (15) BAB 4.pdf] Text
(15) BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[thumbnail of (16) BAB 5.pdf] Text
(16) BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[thumbnail of (17) DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
(17) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of (18) LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
(18) LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of (19) DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
(19) DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Pada era abad ke-21, peserta didik harus memiliki kemampuan esensial seperti berpikir kritis dan literasi digital untuk menghadapi tantangan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Teachmint terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi digital peserta didik dalam pembelajaran biologi di kelas X SMAN 1 Rancah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 1 Rancah dengan jumlah peserta didik 384 yang terdiri dari 11 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Teachmint, kelas kontrol positif dengan model Problem Based Learning (PBL), dan kelas kontrol negatif dengan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 10 soal yang dikembangkan dari Ennis (1985) untuk berpikir kritis, dan 22 pernyataan yang dikembangkan dari Gilster (1997). Uji prasyarat menggunakan uji Kolmogorov Smirnov (normalitas) dan Levene Test (homogenitas). Hasil uji hipotesis menggunakan uji ANCOVA menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 pada kemampuan berpikir kritis dan literasi digital, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Teachmint terdapat pengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan literasi digital peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas X SMAN 1 Rancah.

Kata kunci: Problem Based Learning, Teachmint, Kemampuan Berpikir Kritis, Literasi Digital, Perubahan Lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:56
Last Modified: 11 Dec 2025 02:56
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2555

Actions (login required)

View Item
View Item