DZIKRILLAH, MUHAMMAD (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS FIELD WORK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Islam Cipicung Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
Abstrak Indo.pdf
Download (177kB)
Abstrak Inggris.pdf
Download (164kB)
Bab 1.pdf
Download (237kB)
Bab 2.pdf
Download (877kB)
Bab 3.pdf
Download (821kB)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (401kB)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (152kB)
Cover.pdf
Download (164kB)
Daftar Gambar.pdf
Download (121kB)
Daftar Isi.pdf
Download (171kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (193kB)
Daftar Tabel.pdf
Download (127kB)
Kata Pengantar Sudah TTD.pdf
Download (138kB)
Lampiran_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (363kB)
Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah Sudah TTD.pdf
Download (148kB)
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (110kB)
Ucapan Terimakasih sudah TTd.pdf
Download (155kB)
Abstract
Problem based learning merupakan model pembelajaran yang memberikan siswa pengalaman nyata dan mengharuskannya untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbasis field work terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Islam Cipicung tahun ajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Cipicung dengan sampel yang digunakan berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest, sehingga dalam penelitian ini hanya menggunakan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan merupakan soal majemuk yang berjumlah 36 butir. Data hasil penelitian menunjukan perolehan rata-rata skor posttest hasil belajar siswa lebih tinggi yaitu sebesar 32,62 dibandingkan pretest sebesar 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji non parametrik Wilcoxon nilai signifikansi hasil pretest-posttest yaitu <0,001, nilai ini lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berbasis field work berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Islam Cipicung.
ata Kunci: Problem Based Learning, Field Work, Hasil Belajar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:01 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:01 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2546 |
