PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada PKBM Al Fattah Kabupaten Tasikmalaya)

NURPAZRIAH, ISNANI (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada PKBM Al Fattah Kabupaten Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 5. MOTTO.pdf] Text
5. MOTTO.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)

Abstract

Motivasi merupakan sikap yang dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi dalam mencapai harapannya. Belajar dan berlatih merupakan cara untuk tetap berkembang dan membuka peluang untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi.
Maka untuk dapat mewujudkannya dengan tekun dalam belajar. Namun fakta di lapangan kehadiran peserta didik masih rendah dan sebagian peserta didik kurang aktif ketika pembelajaran dan berdampak pada prestasi belajar. Tujuan penelitian
ini adalah untuk meneliti pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar. Pendekatan dalam penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode kuantitatif. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random
sampling dengan pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata, yaitu dengan rumus n = R x E x N. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai t hitung
pada variabel motivasi belajar (X) yaitu -3.500. sedangkan untuk signifikansi atau nilai probabilitas yaitu 0,001 < alpha atau 0,05 ( 5% ), sehingga H0 ditolak dan H1
diterima. Hasil analisis determinasi menunjukan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh sebesar 0,244 terhadap prestasi belajar serta untuk nilai persamaan regresi
yaitu Y = 1650.186 - 3.429 X dengan hasil motivasi belajar berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar. Sementara itu, hasil korelasi motivasi belajar dengan
prestasi belajar memiliki hubungan yang sedang. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis simpulannya yaitu motivasi belajar sangat berpengaruh signifikansi
terhadap prestasi belajar.

Kata kunci : Motivasi, Prestasi, Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:19
Last Modified: 28 Oct 2025 03:19
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item
View Item