PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Purana, Indira (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4 ABSTRAK.pdf] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 5 KATA PENGANTAR.pdf] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR DIAGRAM LAMPIRAN.pdf] Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR DIAGRAM LAMPIRAN.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 8 BAB 2.pdf] Text
8 BAB 2.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of 7 BAB 1.pdf] Text
7 BAB 1.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 9 BAB 3.pdf] Text
9 BAB 3.pdf

Download (999kB)
[thumbnail of 10 BAB 4.pdf] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11 BAB 5.pdf] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[thumbnail of 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[thumbnail of 14 LAMPIRAN.pdf] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam dunia pendidikan mengharuskan guru untuk lebih kreatif dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang selaras dengan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks pidato pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks pidato adalah 60,5 (pre-test) dan 88,5 (post-test). Rata-rata nilai yang dipeoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks pidato adalah 55,1 (pre-test) dan 80,5 (post-test). Selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 28, sedangkan selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 25,4. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. 0,000 < 0,05. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Rata-rata nilai N-gain pada pembelajaran menulis teks pidato di kelas eksperimen sebesar 0,7 berkategori tinggi, sedangkan pada pembelajaran menulis teks pidato di kelas kontrol sebesar 0,5 berkategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks pidato pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:23
Last Modified: 10 Dec 2025 07:23
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item
View Item