Purana, Indira (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (261kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (91kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (75kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (235kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (306kB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR DIAGRAM LAMPIRAN.pdf
Download (361kB)
8 BAB 2.pdf
Download (695kB)
7 BAB 1.pdf
Download (353kB)
9 BAB 3.pdf
Download (999kB)
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (292kB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (200kB)
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (132kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam dunia pendidikan mengharuskan guru untuk lebih kreatif dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang selaras dengan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks pidato pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks pidato adalah 60,5 (pre-test) dan 88,5 (post-test). Rata-rata nilai yang dipeoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks pidato adalah 55,1 (pre-test) dan 80,5 (post-test). Selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 28, sedangkan selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 25,4. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. 0,000 < 0,05. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Rata-rata nilai N-gain pada pembelajaran menulis teks pidato di kelas eksperimen sebesar 0,7 berkategori tinggi, sedangkan pada pembelajaran menulis teks pidato di kelas kontrol sebesar 0,5 berkategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks pidato pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:23 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:23 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2493 |
