PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Apriliani, Rizka (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR DIAGRAM.pdf] Text
9. DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 10. BAB 1.pdf] Text
10. BAB 1.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks puisi peserta didik pada kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2025 di SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui rancangan kuasi eksperimen (quasi experimental design). Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas X.E-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X.E-2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks puisi pada kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Hal ini terlihat dari perbandingan rata-rata skor N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 58% yang termasuk dalam kategori cukup efektif sedangkan di kelas kontrol hanya mencapai 39% yang termasuk pada kategori tidak efektif. Selain itu, hasil uji Wilcoxon nilai post-test di kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya hipotesis penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media gambar dapat berpengaruh secara siginifikan terhadap keterampilan menulis teks puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025).

Kata kunci: problem based learning, menulis teks puisi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:01
Last Modified: 10 Dec 2025 07:01
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item
View Item