Apriliani, Rizka (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (248kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (288kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (245kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (273kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (337kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (362kB)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (253kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (293kB)
9. DAFTAR DIAGRAM.pdf
Download (249kB)
10. BAB 1.pdf
Download (487kB)
11. BAB II.pdf
Download (1MB)
12. BAB III.pdf
Download (1MB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (432kB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks puisi peserta didik pada kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2025 di SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui rancangan kuasi eksperimen (quasi experimental design). Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas X.E-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X.E-2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks puisi pada kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Hal ini terlihat dari perbandingan rata-rata skor N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 58% yang termasuk dalam kategori cukup efektif sedangkan di kelas kontrol hanya mencapai 39% yang termasuk pada kategori tidak efektif. Selain itu, hasil uji Wilcoxon nilai post-test di kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya hipotesis penelitian ini diterima, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media gambar dapat berpengaruh secara siginifikan terhadap keterampilan menulis teks puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025).
Kata kunci: problem based learning, menulis teks puisi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:01 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:01 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2485 |
