Maryam, Ajeng (2025) ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK TEH DAN PENGKHIANAT KARYA IKSAKA BANU MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (192kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (162kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (166kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (235kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (235kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (276kB)
7. BAB 1.pdf
Download (273kB)
8. BAB 2.pdf
Download (624kB)
9. BAB 3.pdf
Download (685kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (245kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (233kB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (152kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (27MB)
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka merupakan pembelajaran berbasis literasi. Kemampuan literasi Bahasa Indonesia didapatkan dari menyimak, membaca dan memirsa, berbicara dan mempresentasikan, serta menulis. Dalam kurikulum Merdeka salah satu teks yang dipelajari oleh peserta didik fase F/Kelas XI yaitu cerita pendek. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat keterbatasan bahan ajar cerita pendek, oleh karena itu agar pemahaman peserta didik terhadap unsur intrinsik lebih maksimal maka dibutuhkan bahan ajar yang lebih variatif. Berdasarkan hal tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa analisis unsur intrinsik dalam kumpulan cerita pendek Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu sebagai alternatif bahan ajar sastra kelas XI SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas teknik wawancara, teknik observasi dan studi dokumentasi. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa ketujuh cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu yang menjadi objek penelitian memiliki unsur intrinsik yang lengkap, kesesuaian cerita pendek berdasarkan Kurikulum Merdeka, dan kesesuaian dengan kriteria bahan ajar sastra. Hasil validasi kesesuaian bahan ajar berdasarkan kurikulum dan kriteria bahasa dengan rata-rata sebesar 98,6% dinyatakan sangat sesuai dan hasil validasi modul pembelajaran memperoleh rata-rata 96,1% dinyatakan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran teks cerita pendek. Hasil uji coba bahan ajar teks cerita pendek Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu kepada peserta didik memperoleh rata-rata 81,34. Berdasarkan analisis, uji validasi, dan uji coba kumpulan cerita pendek Teh dan Pengkhianat karya Iksaka Banu dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra di kelas XI SMA.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:32 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:32 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2476 |
