Rohilah, Ayi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MAKNA SERTA UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al Ihsan Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (247kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (436kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (367kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (285kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (274kB)
6. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (540kB)
7. BAB 1.pdf
Download (351kB)
8. BAB 2.pdf
Download (816kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
9. BAB 3.pdf
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (294kB)
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (236kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (257kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu proses pembelajaran yaitu ketepatan dalam memilih model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap kemampuan mengidentifikasi makna serta unsur-unsur pembangun teks puisi pada peserta didik kelas VIII MTs Al Ihsan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Think talk write (TTW). Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan tes. Hasil perhitungan data, diperoleh rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi makna teks puisi yaitu 46,5 (pretest) dan 82,2 (Posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol yakni 47,25 (pretest) dan 75,05 (Posttest). Rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi yaitu 46 (pretest) dan 83,45 (pos-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol yakni 48,65 (pretest) dan 81,25 (Posttest). Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran mengidentifikasi makna puisi di kelas eksperimen yaitu 0,66 dan 0,59 di kelas kontrol yang berkategori sedang. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur puisi di kelas eksperimen yaitu 0,70 yang berkategori tinggi dan 0,64 di kelas kontrol yang berkategori sedang. Hasil uji Mann-Whitney U terhadap nilai N Gain menunjukkan bahwa pada pembelajaran mengidentifikasi makna puisi diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,006, dan pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi sebesar 0,020. Kedua nilai tersebut lebih kecil daripada taraf signifikansi (α = 0,05), sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai mean rank kelas eksperimen yang lebih tinggi menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas tersebut lebih unggul. Dengan demikian, model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi makna serta unsur-unsur pembangun teks puisi kelas VIII MTs Al Ihsan tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:00 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:00 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2448 |
