PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN MENELAAH KEBAHASAAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

HILMANSYAH, ALPI DWIRA (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN MENELAAH KEBAHASAAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Mengidentifikasi struktur dan menelaah kebahasaan teks berita merupakan elemen dalam capaian pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII Kurikulum Merdeka. Namun, pada kenyataan di SMP Negeri 19 Tasikmalaya kelas VII G pada pembelajaran mengidentifikasi struktur teks berita hanya 7 dari 27 orang (26%) yang di atas SKBM. Sedangkan pada pembelajaran menelaah kebahasaan teks berita, peserta didik yang mampu mencapai SKBM hanya 9 dari 27 orang (33%). Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi struktur dan menelaah kebahasaan teks berita pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 19 Tasikmalaya. Penulis mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dalam mengidentifikasi struktur dan menelaah kebahasaan teks berita siklus kesatu pertemuan pertama terdapat 11 peserta didik (41%) yang mampu mencapai SKBM, sedangkan pertemuan kedua terdapat 10 peserta didik (19%) yang mampu mencapai SKBM. Pada siklus kedua, baik pertemuan pertama dan pertemuan kedua 27 peserta didik (100%) mampu mencapai SKBM. Setelah data dinilai dan dihitung secara statistika menggunakan Uji Normalitas. Hasil uji menunjukkan data berdistribusikan tidak normal. Sehingga data yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil perbedaan dengan menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh bahwa Whitung (6) lebih kecil daripada nilai Wtabel (81,8) dalam taraf signifikasi 0,01. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi struktur dan menelaah kebahasaan teks berita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:40
Last Modified: 10 Dec 2025 03:40
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item
View Item