HILMANSYAH, ALPI DWIRA (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN MENELAAH KEBAHASAAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 19 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (160kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (275kB)
3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (269kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (179kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (172kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (263kB)
8. BAB 2.pdf
Download (465kB)
7. BAB 1.pdf
Download (366kB)
9. BAB 3.pdf
Download (565kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (190kB)
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (223kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Mengidentifikasi struktur dan menelaah kebahasaan teks berita merupakan elemen dalam capaian pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII Kurikulum Merdeka. Namun, pada kenyataan di SMP Negeri 19 Tasikmalaya kelas VII G pada pembelajaran mengidentifikasi struktur teks berita hanya 7 dari 27 orang (26%) yang di atas SKBM. Sedangkan pada pembelajaran menelaah kebahasaan teks berita, peserta didik yang mampu mencapai SKBM hanya 9 dari 27 orang (33%). Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi struktur dan menelaah kebahasaan teks berita pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 19 Tasikmalaya. Penulis mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dalam mengidentifikasi struktur dan menelaah kebahasaan teks berita siklus kesatu pertemuan pertama terdapat 11 peserta didik (41%) yang mampu mencapai SKBM, sedangkan pertemuan kedua terdapat 10 peserta didik (19%) yang mampu mencapai SKBM. Pada siklus kedua, baik pertemuan pertama dan pertemuan kedua 27 peserta didik (100%) mampu mencapai SKBM. Setelah data dinilai dan dihitung secara statistika menggunakan Uji Normalitas. Hasil uji menunjukkan data berdistribusikan tidak normal. Sehingga data yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil perbedaan dengan menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh bahwa Whitung (6) lebih kecil daripada nilai Wtabel (81,8) dalam taraf signifikasi 0,01. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi struktur dan menelaah kebahasaan teks berita.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:40 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:40 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2443 |
