PRAYOGA, SANDI SEPTIAN (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA MA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (463kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (296kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (3kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (302kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (496kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (285kB)
8. BAB 1.pdf
Download (155kB)
9. BAB 2.pdf
Download (484kB)
10. BAB 3.pdf
Download (1MB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (811kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (241kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (197kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan proses sains peserta didik MAN 3 Tasikmalaya yang masih rendah dengan dibuktikan ketika melakukan studi pendahuluan melalui observasi, wawancara dengan guru fisika, tes keterampilan proses sains dengan persentase 38% memiliki kategori kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Simas Eric berbantuan PhET Simulations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Simas Eric berbantuan PhET Simulation pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner di kelas XI MAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain The Matching-Only Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian melibatkan seluruh peserta didik kelas XI yang mengambil mata pelajaran Fisika di MAN 3 Tasikmalaya, yang terdiri dari 7 kelas dengan total 246 peserta didik. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 4 sebagai kelas kontrol dengan masing masing kelasnya terdiri dari 34 peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikan 5% didapatkan �ℎ����� = 2,78 dan ������ = 1,66. Karena nilai �ℎ����� > ������, maka dapat simpulkan bahwa �� diterima dan �0ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Simas Eric berbantuan PhET Simulations berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner.
Kata kunci: gelombang berjalan dan gelombang stasioner, keterampilan proses sains, model Simas Eric, PhET Simulation.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 01:49 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 01:49 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2394 |
