PRAWITA, AYU (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROJECT, ACTIVITY, COOPERATIVE LEARNING, EXERCISE (PACE) BERBANTUAN GOOGLE SITES PADA MATERI TERMODINAMIKA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (177kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (182kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (134kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (259kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (291kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (253kB)
7. BAB 1.pdf
Download (261kB)
8. BAB 2.pdf
Download (688kB)
9. BAB 3.pdf
Download (550kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (229kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (201kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
Abstract
Kemajuan teknologi di bidang pendidikan mendorong perlunya pengembangan bahan ajar yang interaktif dan efektif, khususnya pada materi fisika yang mengandung konsep abstrak seperti termodinamika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas serta kepraktisan E-LKPD berbasis model pembelajaran Project, Activity, Cooperative, Exercise (PACE) berbantuan Google Sites. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Sindangkasih. Teknik analisis data meliputi analisis kebutuhan, validasi oleh ahli materi, media, dan bahasa, serta uji kepraktisan melalui angket respons peserta didik. Hasil validasi menunjukkan indeks Aiken’s V sebesar 0,815 (ahli materi), 0,85 (ahli media), dan 0,88 (ahli bahasa), yang seluruhnya berada pada kategori valid. Rata-rata kepraktisan mencapai 97,19% dengan kategori sangat praktis. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa E-LKPD berbasis model PACE yang terintegrasi dengan Google Sites dapat menjadi solusi pembelajaran yang lebih terstruktur, menarik, dan mendukung kemandirian belajar fisika di sekolah. Saran untuk penelitian selanjutnya, produk ini dapat diuji efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar serta dikembangkan pada materi atau jenjang pendidikan yang berbeda.
Kata kunci: E-LKPD, Google Sites, Model PACE, Termodinamika.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 07:39 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 07:39 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2351 |
