PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS MODEL CONDITION, CONSTRUCTION, DEVELOPMENT, SIMULATION, REFLECTION (CCDSR) BERBANTUAN CANVA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK

PRAYOGA, FAISAL ADI (2025) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS MODEL CONDITION, CONSTRUCTION, DEVELOPMENT, SIMULATION, REFLECTION (CCDSR) BERBANTUAN CANVA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 14. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran fisika belum memanfaatkan media digital secara maksimal. Guru fisika hanya memberikan materi berupa modul ajar dalam bentuk digital yang belum interaktif dengan peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan Komik Digital berbasis model Condition, Construction, Development, Simulation, Reflection berbantuan Canva pada materi gelombang mekanik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menguraikan pengembangan produk. (2) Mengetahui tingkat validitas produk. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan produk. Metode penelitian yang digunakan adalah Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu kelas XI MIPA 4 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Untuk mengukur kelayakan produk dilakukan validasi yaitu validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dalam mengolah hasil validasi adalah indeks Aiken’s V. Produk dikatan valid jika mendapat nilai lebih dari 0,61. Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks aiken's V ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran berturut turut sebesar 0,81, 0,84 dan 0,75 dengan kategori sangat valid dan valid. Untuk rata-rata persentase kepraktisan sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis. Produk komik digital berbasis model CCDSR berbantuan canva pada materi gelombang mekanik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Canva, CCDSR, Gelombang Mekanik, Komik Digital.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:48
Last Modified: 09 Dec 2025 06:48
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item
View Item