PRAYOGA, FAISAL ADI (2025) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS MODEL CONDITION, CONSTRUCTION, DEVELOPMENT, SIMULATION, REFLECTION (CCDSR) BERBANTUAN CANVA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (174kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (229kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (255kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (235kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (285kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (242kB)
7. BAB 1.pdf
Download (245kB)
8. BAB 2.pdf
Download (516kB)
9. BAB 3.pdf
Download (418kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (227kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (202kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
14. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (156kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran fisika belum memanfaatkan media digital secara maksimal. Guru fisika hanya memberikan materi berupa modul ajar dalam bentuk digital yang belum interaktif dengan peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan Komik Digital berbasis model Condition, Construction, Development, Simulation, Reflection berbantuan Canva pada materi gelombang mekanik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menguraikan pengembangan produk. (2) Mengetahui tingkat validitas produk. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan produk. Metode penelitian yang digunakan adalah Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu kelas XI MIPA 4 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Untuk mengukur kelayakan produk dilakukan validasi yaitu validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dalam mengolah hasil validasi adalah indeks Aiken’s V. Produk dikatan valid jika mendapat nilai lebih dari 0,61. Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks aiken's V ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran berturut turut sebesar 0,81, 0,84 dan 0,75 dengan kategori sangat valid dan valid. Untuk rata-rata persentase kepraktisan sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis. Produk komik digital berbasis model CCDSR berbantuan canva pada materi gelombang mekanik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Canva, CCDSR, Gelombang Mekanik, Komik Digital.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:48 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:48 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2345 |
