PENGARUH PERMAINAN KARTU SEHAT BERGIZI BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP SKOR PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH ANAK USIA 10-12 TAHUN (Studi Pre-Experimental pada Siswa Kelas IV dan V SDN 2 Cibalanarik Tahun 2025)

FAUZIAH, SITI (2025) PENGARUH PERMAINAN KARTU SEHAT BERGIZI BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP SKOR PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH ANAK USIA 10-12 TAHUN (Studi Pre-Experimental pada Siswa Kelas IV dan V SDN 2 Cibalanarik Tahun 2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER .pdf] Text
1. COVER .pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
4. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 6. PERNYATAAN.pdf] Text
6. PERNYATAAN.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 8. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
8. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[thumbnail of 14. BAB VI.pdf] Text
14. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Konsumsi sayur dan buah pada anak usia 10-12 tahun di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu 97,7% anak usia 10-14 tahun belum memenuhi anjuran konsumsi. Salah satu faktor penyebab rendahnya konsumsi sayur dan buah, adalah rendahnya pengetahuan yang berdampak pada perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan gizi melalui permainan kartu sehat bergizi berbasis video animasi terhadap skor pengetahuan, kebiasaan konsumsi sayur, dan kebiasaan konsumsi buah pada anak usia 10-12 tahun. Metode yang digunakan adalah pre-experimental dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah 67 siswa kelas IVdan V SDN 2 Cibalanarik yang dipilih dengan metode purposive sampling. Pengukuran pengetahuan dilakukan dengan kuesioner, sedangkan kebiasaan konsumsi diukur dengan Food Frequency Questionnaire (FFQ). Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Paired Sample T-Test. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor pengetahuan (p-value = 0,000), kebiasaan konsumsi sayur (p-value = 0,000), dan kebiasaan konsumsi buah (p-value = 0,000). Temuan ini membuktikan bahwa media permainan kartu sehat bergizi berbasis video animasi efektif untuk meningkatkan pengetahuan serta kebiasaan konsumsi sayur dan buah pada anak usia 10-12 tahun.

Kata kunci: Pendidikan gizi, Video animasi, Permainan kartu, Pengetahuan gizi, Kebiasaan konsumsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:42
Last Modified: 09 Dec 2025 03:42
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item
View Item