Herlina, Rina (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Ibnu Siena Cikoneng Ciamis Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. COVER.pdf
Download (81kB)
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (274kB)
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (217kB)
04. ABSTRAK.pdf
Download (61kB)
05. KATA PENGANTAR.pdf
Download (128kB)
06. DAFTAR ISI.pdf
Download (144kB)
07. DAFTAR GRAFIK.pdf
Download (59kB)
08. DAFTAR TABEL.pdf
Download (62kB)
09. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (94kB)
10. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf
Download (375kB)
11. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Download (198kB)
12. BAB IV PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (607kB)
13. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (62kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (85kB)
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Menganalisis dan mengonstruksi teks cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun pada kenyataannya, peserta didik kelas XI di SMA Ibnu Siena Cikoneng tahun
ajaran 2022/2023 banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model
pembelajaran Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan peserta didik kelas XI di kelas XI di SMA Ibnu Siena Cikoneng tahun ajaran 2022/2023 dalam menganalisis dan mengonstruksi teks cerita pendek. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil
belajar dari siklus ke satu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu dalam aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 8 orang (27 %) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 22 orang (73%). Pada aspek keterampilan
terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 11 orang (36%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 19 orang (64%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 30 orang
(100%) berhasil mencapai KKM yaitu 78. Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,05). Hal ini
menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan dalam menganalisis dan mengonstruksi teks cerita pendek pada peserta didik kelas kelas XI
di SMA Ibnu Siena Cikoneng tahun ajaran 2022/2023.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 01:31 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 01:31 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/225 |
