PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Ibnu Siena Cikoneng Ciamis Tahun Ajaran 2022/2023)

Herlina, Rina (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Ibnu Siena Cikoneng Ciamis Tahun Ajaran 2022/2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. COVER.pdf] Text
01. COVER.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 04. ABSTRAK.pdf] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 05. KATA PENGANTAR.pdf] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 06. DAFTAR ISI.pdf] Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 07. DAFTAR GRAFIK.pdf] Text
07. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 08. DAFTAR TABEL.pdf] Text
08. DAFTAR TABEL.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 09. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
09. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 10. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf] Text
10. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 11. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf] Text
11. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 12. BAB IV PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN.pdf] Text
12. BAB IV PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[thumbnail of 13. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf] Text
13. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Menganalisis dan mengonstruksi teks cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun pada kenyataannya, peserta didik kelas XI di SMA Ibnu Siena Cikoneng tahun
ajaran 2022/2023 banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model
pembelajaran Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan peserta didik kelas XI di kelas XI di SMA Ibnu Siena Cikoneng tahun ajaran 2022/2023 dalam menganalisis dan mengonstruksi teks cerita pendek. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil
belajar dari siklus ke satu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu dalam aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 8 orang (27 %) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 22 orang (73%). Pada aspek keterampilan
terdapat peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 11 orang (36%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 19 orang (64%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 30 orang
(100%) berhasil mencapai KKM yaitu 78. Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa W hitung (0) < W tabel (0,05). Hal ini
menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian diterima. Artinya, model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan dalam menganalisis dan mengonstruksi teks cerita pendek pada peserta didik kelas kelas XI
di SMA Ibnu Siena Cikoneng tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 28 Oct 2025 01:31
Last Modified: 28 Oct 2025 01:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item
View Item