PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF CORPORATE BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

NURNAZARUDIN, IMIFTAH (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF CORPORATE BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (946kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Media pembelajaran E-modul menggunakan flip PDF corporate dikembangkan untuk mendukung pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi di SMAN 12 Garut yakni disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan mengintegrasikannya dengan model pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbentuk e-modul menggunakan flip PDF corporate berbasis model problem based learning dengan kriteria valid dan praktis pada tahap Analysis, Design, Development, dan Implementation. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada satu guru fisika SMA Negeri 12 Garut, angket uji validitas kepada tiga ahli, angket kepraktisan kepada 30 siswa SMA Negeri 12 Garut. Data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil wawancara serta saran dan komentar dari validator sedangkan data kuantitatif berupa hasil penilaian validator dan peserta didik menggunakan indeks Aiken’s V pada angket kevalidan dan kepraktisan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor validasi oleh ahli media sebesar 0,89 dengan kriteria valid, skor validasi oleh ahli materi dan digital sebesar 0,81 dengan kriteria valid, dan skor validasi oleh ahli bahasa sebesar 0,83 dengan kriteria valid. Hasil uji kepraktisan siswa mendapatkan hasil persentase 88% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, E-modul berbasis model Problem Based Learning pada materi Usaha dan Energi memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: E-Modul, Flip PDF Corporate, Media Pembelajaran, Problem Based Learning, Usaha dan Energi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:15
Last Modified: 08 Dec 2025 06:15
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item
View Item