NURNAZARUDIN, IMIFTAH (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIP PDF CORPORATE BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (179kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (154kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (127kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (93kB)
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (129kB)
8. BAB 1.pdf
Download (170kB)
9. BAB 2.pdf
Download (1MB)
10. BAB 3.pdf
Download (946kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (127kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (151kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
Media pembelajaran E-modul menggunakan flip PDF corporate dikembangkan untuk mendukung pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi di SMAN 12 Garut yakni disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan mengintegrasikannya dengan model pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbentuk e-modul menggunakan flip PDF corporate berbasis model problem based learning dengan kriteria valid dan praktis pada tahap Analysis, Design, Development, dan Implementation. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada satu guru fisika SMA Negeri 12 Garut, angket uji validitas kepada tiga ahli, angket kepraktisan kepada 30 siswa SMA Negeri 12 Garut. Data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil wawancara serta saran dan komentar dari validator sedangkan data kuantitatif berupa hasil penilaian validator dan peserta didik menggunakan indeks Aiken’s V pada angket kevalidan dan kepraktisan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor validasi oleh ahli media sebesar 0,89 dengan kriteria valid, skor validasi oleh ahli materi dan digital sebesar 0,81 dengan kriteria valid, dan skor validasi oleh ahli bahasa sebesar 0,83 dengan kriteria valid. Hasil uji kepraktisan siswa mendapatkan hasil persentase 88% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, E-modul berbasis model Problem Based Learning pada materi Usaha dan Energi memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: E-Modul, Flip PDF Corporate, Media Pembelajaran, Problem Based Learning, Usaha dan Energi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 06:15 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 06:15 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2206 |
