Maulina, Onni Nabilla (2025) PENGARUH LABELISASI HALAL, MEREK, DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TOILETRIES (Studi Kasus Pada Mahasiswa Muslim di Universitas Siliwangi). Other thesis, Universitas siliwangi.
1.cover.pdf
Download (211kB)
2.lembar pengesahan.pdf
Download (354kB)
3. pernyataan.pdf
Download (836kB)
4. abstrak.pdf
Download (307kB)
5. pedoman.pdf
Download (271kB)
6. kata pengantar.pdf
Download (241kB)
7. daftar isi.pdf
Download (312kB)
8. bab 1.pdf
Download (489kB)
9. bab 2.pdf
Download (557kB)
10. bab 3.pdf
Download (463kB)
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (680kB)
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (260kB)
13. daftar pustaka.pdf
Download (276kB)
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (869kB)
15.Biodata Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21kB)
Abstract
Industri halal toiletries telah berkembang pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya produk yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, terutama di negara mayoritas Muslim. Konsumen cenderung lebih selektif dalam memilih produk perawatan diri seperti sabun, sampo, dan pasta gigi yang bersertifikat halal. Labelisasi halal memberikan jaminan kehalalan, sehingga memengaruhi kepercayaan dan keputusan pembelian. Selain itu, kekuatan merek yang kuat juga memengaruhi preferensi konsumen, karena merek terkenal sering diasosiasikan dengan kualitas yang lebih baik. Diskon juga menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, karena banyak konsumen cenderung memilih produk yang menawarkan harga lebih terjangkau tanpa mengabaikan kualitas dan label halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah masing-masing variabel independen yaitu labelisasi halal, merek, dan diskon berpengaruh siginfikan terhadap keputusan pembelian Produk Toiletries. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling dan menggunakan pendekatan rumus Slovin. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen pengguna produk toiletries yang merupakan mahasiswa Universitas Siliwangi dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menurut uji t labelisasi halal, merek, dan diskon secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian Produk Toiletries. Hal ini di buktikan dengan nilai thitung labelisasi halal sebesar 2.428 dengan tingkat signifikan 0.017 > 0.05, nilai thitung merek sebesar 3.949 dengan tingkat signifikan 0.000 < 0,05, nilai thitung diskon sebesar 3.416 dengan tingkat signifikan 0.001 < 0,05. Kesimpulannya bahwa faktor labelisasi halal (X1), merek (X2) dan diskon (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian Produk Toiletries. Secara simultan labelisasi halal, merek, dan diskon berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Toiletries. Hal ini di buktikan dengan uji F yang menunjukan perolehan hasil fhitung sebesar 28.041 berada pada tingkat signifikansi 0,000.
Kata Kunci: Labelisasi Halal, Merek, Diskon, Keputusan Pembelian.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Ekonomi > Ekonomi Syariah |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:32 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:32 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2113 |
